Kendari (Antara News) - Pasangan suami isteri H. La Ode Hadana dan Hj. Wa Ode Hasiru dari Kota Baubau terpilih menjadi juara pertama lomba pemilihan keluarga sakinah teladan tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2015, yang dikukuhkan di Kendari, Minggu (28/6) malam.

Berdasarkan penilaian tim juri dari Kementerian Agama Provinsi Sultra, pasangan keluarga itu berhasil mengalahkan lima pasangan lainnya yakni H. Andi Basir/Hj. Sulfahmi dari Kabupaten Kolaka sebagai juara kedua.

Selain itu, pasangan H. Mukmin/Hj Sahara (Kabupaten Muna) sebagai juara ketiga, pasangan H.Rasid/Hj Norma (Kabupaten Bombana) juara harapan I, pasangan H.Abdul Halim/Satrini (Kota Kendari) harapan dua dan pasangan H. Adam/Hj Siti Salwiyah (Kabupaten Buton Utara) juara harapan III.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Sultra, HM Ali Irfan mengatakan, pemilihan keluarga sakinah itu sangat penting karena semua keluarga mendambakan menjadi keluarga sakinah.

"Semua pasangan yang telah dinobatkan atau dikukuhkan menjadi pasangan keluarga sakinah Sultra ini harus menjadi contoh bagi generasi muda yang belum memasuki usia perkawinan, dan jadi panutan bagi pasangan keluarga lain ditengah masyarakat," kata Ali Irfan.

Menurutnya, untuk terpilih menjadi keluarga sakinah melalui seleksi ketat dengan berbagai kriteria yang harus dipenuhi di antanya keluarga itu harmonis, mampu melewati semua problematika rumah tangga dan mampu mendidik anak menjadi generasi yang berguna dan saleh.

Ia menjelaskan, kegiatan pemilihan keluarga sakinah ini merupakan program tahunan dari Kementerian Agama dan menginstruksikan kepada Kantor Urusan Agama di tiap kecamatan untuk memilih dan mengajukan calon peserta keluarga sakinah dengan disertai profilnya.

"Tujuan pemilihan keluarga sakinah teladan ini untuk mewujudkan keteladanan bagi keluarga muslim Indonesia dalam membangun keluarga sakinah melalui penanaman nilai-nilai ajaran agama, akhlakul karimah dan sosial kemasyarakatan," katanya.

Pemenang juara satu pasangan keluarga sakilah H. La Ode Hadana/Hj. Wa Ode Hasiru akan mewakili Sultra pada pemilihan keluarga sakinah teladan nasional yang akan digelar Agustus 2015.

     Pengukuhan keluarga sakinah teladan tersebut dilakukan oleh Pengurus PKK Provinsi Sultra, Hj. Yati Lukman mewakili ketua PKK Sultra.

     Ia juga berharap pasangan yang menjadi pemenang pertama lomba keluarga sakinah tersebut bisa mengharumkan nama Sultra pada pemilihan keluarga teladan nasional Agustus mendatang

Pewarta : Oleh Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024