Kolaka (Antara News) - Perusahaan tambang PT Aneka Tambang (Antam) Tbk UBPN Sulawesi Tenggara bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Sultra menggelar donor darah di rumah sakit perusahaan itu, di Pomalaa, Selasa.

     Donor darah yang digelar itu dalam rangka memperingati HUT XV Persatuan Wanita Aneka Tambang (PWAT) dan HUT ke-47 PT Antam.

     Vice President HR and CSR PT Antam UBPN Sultra dr Hakim Nur Mampa mengatakan dalam setiap pelaksanaan donor darah massal, RS Antam mampu mengumpulkan 150 hingga 170 kantong darah. "Namun kantong darah yang disiapkan sebanyak 200 kantong darah karena rutin dilakukan dalam setiap tahunnya," katanya.

      Menurut dia, dalam menyambut hari ulang tahun Antam pada tanggal 5 Juli mendatang dan kegiatan donor ini sebagai kegiatan sosial untuk membantu warga yang membutuhkan. "Biasanya kalau bulan puasa seperti ini terkadang persiapan darah di beberapa RS sangat kurang sehingga Antam melakukan bakti sosial itu," ucapnya.

      Selain beramal, kata dia, satu tetes darah sangat bermanfaat bagl orang-orang yang sangat membutuhkan, apalagi saat sekarang musim di mana cuaca tidak menentu sehingga terkadang banyak genangan air yang menimbulkan sarang nyamuk DBD.

       Kegiatan donor darah ini, lanjut dia, terus berlanjut hingga empat kali setahun dengan harapan pada bulan-bulan tertentu saat orang jarang lagi melaksanakan donor, seperti pada bulan puasa, PMI masih punya stok darah.

      Sementara External Relation Manager Antam UBP Nikel Sultra melalui Staf Public Relation Irwan Makmur mengatakan donor darah merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh Antam, baik itu Antam sendiri maupun bekerja sama dengan PWAT.

      Kegiatan tersebut lanjut dia sudah berjalan sekitar tujuh tahun dan diikuti oleh karyawan dan karyawati, mitra kerja Antam dan juga TNI/Polri serta masyarakat umum. "Kegiatan donor darah ini berhasil mengumpulkan sebanyak 161 kantong darah yang nantinya akan diserahkan kepada PMI," katanya.

Pewarta : Oleh Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024