Gorontalo (Antara News) - Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melakukan sahur bersama warga simpang empat Barito, Kelurahan Bulotadaa Selatan, Kecamatan Kota Utara, Senin.

         Di tepi jalan yang menjadi perbatasan antara Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo itu menjadi lokasi ceramah dan sahur bersama setiap ramadhan.

         Selain itu kegiatan keagamaan lainnya juga digelar oleh para remaja di sekitarnya dengan memanfaatkan tepi jalan.

         Penyelenggara kegiatan berasal dari semua kalangan termasuk tokoh masyarakat dan kepala daerah.

         Gubernur menilai kegiatan seperti itu harus didorong.

         Selain untuk menyemarakkan bulan rmadhan dengan kegiatan islami, acara serupa bisa menjadi aktivitas yang positif bagi generasi muda.

         "Saya sejak 2013 sudah menginisiasi untuk sahur bersama di sini tiap ramadhan. Tadinya hanya ceramah subuh, saya pikir menarik jika ada sahurnya juga. Alhamdulillah warga antusias hadir. Ada yang dari Bone Bolango dan Kota Gorontalo," tutur Rusli.

         Gubernur berharap kepada seluruh masyarakat agar menjalankan ibadah Ramadhan dengan penuh kekhusyuan dan ketertiban.

         Sebelum tahun 1982 perempatan Barito menjadi tempat favorit anak muda dari berbagai penjuru berkumpul usai shalat subuh.

         Saat itu Barito  justru sering menjadi tempat untuk berkelahi antar remaja.

         "Karena banyaknya anak muda kumpul di lokasi ini, tidak jarang ada gesekan yang berunjung pada perkelahian. Sehingga  tahun 1982 remaja masjid di kampung ini menginisiasi untuk menggelar kegiatan seperti ceramah subuh. Alhamdulillah mulai tahun 2013 pak Gubernur menginisiasi untuk menggelar sahur bareng juga," ujar panitia kegiatan, Yusdin Danial.

Pewarta : Oleh Debby Hariyanti Mano
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024