Kendari (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari mendorong masyarakat daerah itu agar mengembangkan inovasi teknologi tepat guna (TTG) sekecil apapun yang terkait dengan bidang tugas dan profesionalitas mereka.

"Teknologi yang tepat diyakini dapat menjadi alat yang efektif untuk mewujudkan pembangunan yang produktif secara ekonomi, inklusif, dan berkelanjutan," kata Wali Kota Kendari Asrun di Kendari, Minggu.

Menurut dia, TTG dapat bersumber dari masyarakat, terlahir dari pengalaman langsung secara individual atau kolektif dalam melakukan pekerjaan tertentu selama bertahun-tahun.

Dia menjelaskan, pengetahuan yang terakumulasi dari pengalaman jangka panjang dan proses penyempurnaan teknologi yang dikembangkan secara terus-menerus, akan menghasilkan TTG yang sesuai dengan kebutuhan dan sepadan dengan kapasitas adopsi masyarakat lokal.

"Alasan kami mendorong warga untuk berinovasi karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, misalnya membuat pencacah rumput, pembuat abon, penjernih air, semua itu bisa membantu percepatan proses dan bisa memberikan nilai tambah buat kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dari sisi lain, masyarakat lokal punya pengetahuan dan pengalaman berkiprah di wilayahnya sehingga memahami realitas persoalan setempat dan mampu mengidentifikasi inovasi yang cocok dan terjangkau bagi mereka, serta inovasi yang mereka yakin akan keberhasilannya.

Pemerintah Kendari juga terus melakukan inovasi sederhana seperti tehnologi penangkapan gas metan dari pembusukkan sampah kemudian menjadi bahan bakar generator untuk menghasilkan listrik.

Kemudian membuat inovasi kapal pengisap lumpur dengan harga ratusan juta dibanding membeli kapal pengisap lumpur yang jumlahnya mencapai puluhan miliar rupiah.

"Semua itu bukan tehnologi canggih tetapi teknologi tepat guna. Tehnologi sederhana dengan hasil maksimal, ini dilakukan dalam rangka efisiensi anggaran dalam menjawab tantangan keterbatasan anggaran di daerah ini," katanya.

Meskipun kemampuan anggaran terbatas, kata dia, pemerintah telah menganggarkan untuk pelatihan masyarakat dalam rangka pengembangan kreativitas dan inovasi dalam melahirkan tehnologi sederhana yang tepat guna. 

Pewarta : Oleh Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024