Kendari (Antara News) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera (DPW PKS) Sulawesi Tenggara menjaring sedikitnya 15 bakal calon (balon) bupati yang akan bertarung di tujuh daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak, 9 Desember 2015.

Ketua DPW PKS Sultra, Muh Poli di Kendari, Selasa mengatakan, proses penjaringan balon bupati sudah masuk ke panitia daerah masing-masing, yang akan melakukan pilkada serentak tahun ini.

Tujuh kabupaten di Sultra yang akan melakukan pilkada serentak tahun 2015 di antaranya Kabupaten Kolaka Timur, Muna, Buton Utara, Konawe Utara, Konawe selatan, Wakatobi dan Konawe Kupulauan.

Ia menyebutkan, di Kolaka Timur tercatat tiga nama balon bupati yang sudah melakukan komunikasi dengan partai tersebut di antaranya H Buddu (tokoh masyarakat), Wahyu Ade Pratama Imran (anggota DPRD Sultra) dan Tony Herbiansyah (mantan pejabat Bupati Kolaka Timur).

Di Kabupaten Muna terdapat nama Abdul Malik Ditu (Wakil Bupati Muna), L.M Rusman Emba (anggota DPD RI) dan La Ode Kardini (birokrasi Pemerintah Kabupaten Muna.

Sedangkan di Kabupaten Buton Utara, kata dia, PKS setempat tengah menjaring nama Ridwan Zakariah (Bupati Buton Utara), dan di Kabupaten Wakatobi, ada nama Arhawi Ruda (Wakil Bupati Wakatobi).

Sementara di Konawe Selatan terdaftar nama Asnawi Syukur (Sekertaris Dinas PU Sultra), Aswan Tawulo (Kepala BKD Konawe Selatan), dan Surunuddin Dangga (anggota DPRD Sultra).

Di Konawe Kepulauan terdaftar nama-nama di antaranya Nur Sinapoy (Pj Bupati Konawe Kepulauan), dan Abdul Samam (birokrasi Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan. Sedangkan di Konawe Utara hingga pada minggu ketiga bulan Mei 2015 belum ada yang membangun komunikasi dengan partai itu.

"Setelah mereka mendaftarkan diri secara remis pada panitia seleksi PKS, maka nantinya akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan, dan selanjutnya PKS akan melakukan survei para kandidat tersebut," kata Poli yang juga anggota Komisi IV DPRD Sultra.

Poli menambahkan, setelah dinyatakan lolos penjaringan dan memiliki elektabilitas tertinggi dalam survei, maka kandidat tersebut yang akan diusung PKS pada pilkada serentak, 9 Desember 2015.

Pewarta : Oleh Abdul Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024