Kendari (Antara News) - Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Nur Alam mengatakan, pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Timur, Anwar Sanusi menggantikan Pj pertama Tony Herbiansyah yang habis masa jabatannya tergolong cukup istimewa.

"Pelantikan Saudara Anwar Sanusi sebagai penjabat Bupati Kolaka Timur untuk enam bulan ke depan luar biasa karena bertepan pada rangkaian puncak Hari Ulang Tahun ke-51 tanggal 27 April 2015 Provinsi Sultra yang kebetulan dipusatkan di ibukota Tirawuta Kolaka Timur," kata Nur Alam di Kendari, Senin.

Anwar Sanusi yang sebelumnya adalah Sekertaris Daerah Kolaka Timur, sedangkan Tony Herbiansyah telah habis masa tugasnya sejak 22 April 2015 yang meminpin Kolaka Timur selama dua tahun terakhir.

Menurut gubernur, Anwar Sanusi yang dipercaya menjadi Pj bupati Kolaka Timur berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri, karena dinilai mempunyai jiwa kepemimpinan yang amanah, ulet, loyal, penyabar dan pekerja keras.

"Ada juga pejabat yang tipenya tidak amanah dan suka menjilat," ujar Nur Alam seraya menaruh harapan dan terima kasih kepada mantan Pj Tony Herbiansyah yang sudah berhasil meletakkan dasar-dasar yang utuh dan kokoh bagi tatanan pembangunan Kolaka Timur ke depan.

Gubernur mengatakan, Kolaka Timur sebagai salah satu daerah dari tujuh kabupaten di sultra akan melakukan Pilkada serentak pada Desemeber 2015.

Oleh karena itu, gubernur minta agar hendaknya menciptakan suasana harmonis dalam tatanan pemerintahan yang selalu mengedepankan kepentingan masyarakat.

"Tentu dengan pengalaman seorang mantan Sekda di Kolaka Timur itu, proses tahapan pilkada hingga melahirkan bupati defenitif nanti, dapat melahirkan pemimpin yang sesuai harapkan seluruh komponen masyarakat di Kolaka Timur.

Kabupaten Kolaka Timur merupakan pemekaran dari induknya Kabupaten Kolaka, resmi menjadi daerah otonomi baru yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2013.

Dengan usia kurun waktu dua tahun yang dinakodai Tony Herbiansyah, telah berhasil membangun rona pembangunan daerah dengan berbagai terobosan, khususnya pembangunan infrastruktur 12 kecamatan di daerah itu.

Pewarta : Oleh: Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024