Kolaka (Antara News) - Tim Penggerak PKK Kabupaten Kolaka terus mengupayakan seluruh desa dan kelurahan di daerah itu memiliki pendidikan anak usia dini (PAUD) tahun 2015.

"Kami targetkan 2015 PAUD sudah ada di masing-masing desa dan kelurahan, bahkan kalau bisa lebih dari satu PAUD dalam satu desa atau kelurahan," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kolaka, Ny. Herty Ahmad Safei usai menobatkan Bunda PAUD masing-masing di Kecamatan Watubangga dan Polinggona, Minggu.

Bunda PAUD Kabupaten Kolaka ini mengatakan, dengan penobatan bunda PAUD di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa, diharapkan pendidikan anak usia dini semakin ditingkatkan dan dikembangkan demi kemajuan pendidikan anak.

"Sebagai Bunda PAUD Kabupaten Kolaka, saya minta bunda PAUD di segala tingkatan harus berkoordinasi dengan camat, kepala desa dan lurah untuk memajukan pendidikan anak di wilayah masing-masing," ujar Herty.

Ia meminta para Bunda PAUD di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan, terutama bagi wilayah yang belum memiliki PAUD agar segera membangun sarana pendidikan tersebut dengan melakukan koordinasi dengan camat, kepala desa dan lurah.

Herty tidak menyebutkan secara rinci jumlah PAUD di tingkat desa dan kelurahan, kecuali mengatakan, hingga saat ini dirinya sebagai Bunda PAUD Kabupaten Kolaka telah menobatkan Bunda Paud di beberapa kecamatan di antaranya Kecamatan Watubangga, Polinggona, Toari, Wolo, Samaturu dan Iwoimendaa.

Ia menjelaskan kebutuhan anggaran untuk pembangunan PAUD di desa dapat menggunakan alokasi anggaran dana desa (ADD).

"Kepala desa bisa memanfaatkan ADD untuk membangun PAUD di wilayahnya, kalau pun masalah dana, dapat dilakukan secara bertahap, dan nanti di akhir tahun dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya.

Pewarta : Oleh Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024