Tirawuta (Antara News) - Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam meresmikan Pameran Pembangunan "Halo Sultra" pada 2015 sebagai rangkaian perayaan hari ulang tahun ke-51 provinsi itu, di Desa Matabondu, Tirawuta, Kabupaten Kolaka Timur.

Pameran pembangunan yang diresmikan Gubernur Nur Alam pada Kamis (23/4) sore itu, ajang promosi produksi masing-masing kabupaten dan kota, berbagai satuan kerja perangkat daerah di lingkup Pemprov Sultra, serta sejumlah perusahaan di bawah Badan Usaha Milik Negara dan instansi vertikal.

Ia berharap, melalui pameran pembangunan tersebut terjadi jual beli produk antara satu daerah dengan daerah yang lain, serta pertukaran informasi keunggulan masing-masing daerah.

"Kegiatan ini sudah menjadi kalender tahunan yang dirangkaikan dengan peringatan HUT Sultra," kata Gubernur ke-8 Sultra itu.

Usai memberikan sambutan, ia melakukan pengguntingan pita sebagai tanda diresmikan pameran pembangunan tersebut dan dilanjutkan peninjaun lokasi pameran.

Dalam pameran tersebut, masing-masing kabupaten dan kota menampilkan kerajinan daerah, seperti kain tenun dan hasil produksi pertanian.

Dalam kesempatan itu, Nur Alam juga menyampaikan apresiasi kepada Tony Herbiansyah selaku Pelaksana Tugas Kabupaten Kolaka Timur yang merupakan daerah otonomi baru di Sultra.

"Selaku daerah otonomi baru, kegiatan ini merupakan sesuatu yang berat, tetapi karena dengan kemampuan manajemen saudara Tony Herbiansyah yang didukung masyarakatnya sehingga kegiatan ini bisa berjalan sukses," katanya.

Hadir pada pembukaan pameran pembangunan itu, sejumlah bupati dan wakil bupati se-Sultra, di antaranya Bupati Buton Umar Samiun, Wali Kota Kendari Asrun, Wali Kota Baubau Thamrin, Bupati Kolaka Ahmad Safei, Bupati Konawe Kery Konggoasa, Bupati Konawe Utara Aswad Sulaiman.

Selain itu, Bupati Konawe Kepulauan Nur Sinapoy, Bupati Buton Tengah Mansur Amila, Bupati Buton Selatan Mustari, Bupati Muna Barat L.M. Rajiun, Bupati Buton Utara Ridwan Zakariah.

Sejumlah daerah lainnya, diwakili para wakil bupati dan sekda serta pimpinan SKPD lingkup Provinsi Sultra.

Acara diawali dengan tarian kolosal oleh ratusan siswa-siswi di Kabupaten Kolaka Timur, sedangkan pantauan di lokasi, ribuan warga memadati arena pameran pembangunan tersebut.

Pewarta : Oleh: Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024