Kendari (Antara News) - Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Kasero Manggolo kini menjadi Komandan Satuan Brigade Mobil (Dansat Brimob) Polda Sulawesi Tenggara menggantikan Kombes Uden Kusuma Jaya.

Pelantikan dan serah terima jabatan Dansat Brimob dilakukan Kapolda Sultra Brigjen Polisi Arkian Lubis, di Mako Brimob Baruga Kota Kendari, Kamis, dengan dihadiri Gubernur Sultra Nur Alam, dan Komadan Korem 143/Haluoleo Kolonel CZI Rido Hermawan serta sejumlah pejabat TNI/Polri dan sipil di Sultra.

AKBP Kasero Manggolo sebelumnya menjabat Wakasat-1 Gegana Kelapa Dua Brimob Jakarta, sementara Kombes Uden Kusuma Jaya akan menjabat sebagai Kasat-3 Pelopor Brimob Kelapa Dua Jakarta.

Kapolda Sultra Brigjen Arkian Lubis dalam sambutannya mengatakan, serah terimah jabatan saat ini merupakan tindak lanjut dari Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/736/IV/2015 tanggal 2 April 2015 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Polri.

Proses regenerasi yang berjalan juga merupakan bagian mata rantai siklus yang berkelanjutan guna menjamin eksistensi organisaso Polri.

Brimob adalah satuan yang bertugas menanggulangi gangguan kamtibmas berkadar tinggi meliputi perlawanan teror, unjuk rasa dan anarkisme, bantuan pertahanan dan reserse mobil, sangat dituntut untuk selalu siap untuk memberi perlindungan dan pertolongan sesuai kompetensi kepada masyarakat.

Ganggguan kamtibmas yang membutuhkan kehadiran personel Brimob antara lain semakin berkembangnya aksi-aksi anarkis massa, kerawanan-kerawanan yang bersumber dari teroris khususnya jaringan Santoso.

Oleh karena itu, kata Arkian, para personel Brimob harus selalu siap bila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk dihadapkan dengan tantangan tugas tersebut.

Serah terima jabatan Dansat Brimob dilanjutkan dengan acara syukuran yang ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng dan peragaan atraksi diinternal Brimob Polda Sultra.

Pewarta : Oleh: Azis Senong
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024