Rumbia  (Antara News) - Kementerian Agama menggelar seleksi calon petugas jamaah haji Indonesia yang dilaksanakan serentak di tiap kabupaten.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bombana, La Nuzuru, S. Ag, di Rumbia ibukota Bombana, Rabu, mengatakan hari ini, semua Kabupaten di Provinsi Sultra sedang menyeleksi calon petugas jamaah haji.

"Seleksi calon petugas jamaah haji ini dilaksanakan berdasarkan SK Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), nomor DJ/Dt. VII.I/2/Hj.02/1284/2015 tentang pedoman rekruitmen petugas haji indonesia," tutur La Nusuru yang juga merupakan Ketua Panitia Rekruitmen dan Seleksi Petugas Haji Bombnana.

SK Dirjen PHU tersebut ditindaklanjuti dengan surat edaran Kepala Kantor Wilayah Kemenag nomor Kw.24.2/I/Hj.00/855/2015 ter tanggal 16 maret 2015 tentang tg penyiapan calon petugas yang menyertai jemaah haji (petugas Kloter dan PPIH Arab Saudi.

"Dari surat edaran tersebut, maka tiap kabupaten melakukan penyeleksian," katanya.

Hasil tes seleksi itu lanjut La Nuzuru, tiap kabupaten akan diambil sebanyak 3 orang berdasarkan nilai tertinggi.

"Tekhnisnya, kami panitia tingkat kabupaten menyelenggarakan tes dan memeriksa hasil ujian, selanjutnya pihak provinsi yang akan menentukan kelulusan dari 3 orang yang dibutuhkan," urainya.

Tiga orang yang lulus di tingkat kabupaten itu, masih akan diseleksi lagi di tingkat provinsi pada 15/4/2015.

Menurut La Nuzuru, 3 orang yang dinyatakan lulus dari tiap kabupaten itu, masing-masing mengisi 3 formasi yang telah ditentukan.

"Ketiga formasi tersebut adalah ketua kelompok terbang (Kloter), Pembimbing Ibadah Haji dan Pelayanan Haji," sambungnya.

Selanjutnya masih urai La Nuzuru, tiga  peserta dari tiap kabupaten yang nanti ikut seleksi, akan meluluskan sebanyak delapan orang petugas jamaah haji tingkat provinsi.

"Delapan orang tersebut masing masing 3 untuk ketua Kloter, tiga  untuk Pembimbing Ibadah Haji dan dua  untuk Pelayanan Haji," rincinya.

Di Bombana, kata dia, peserta yang seharusnya ikut tes seleksi sebanyak 13 orang namun yang hadir hanya 12 orang.

"Satu orang yang tidak hadir disebabkan sedang dinas luar," katanya.

Pewarta : Jumrad.R
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024