Ternate   (Antara News) - Wali Kota Ternate, Maluku Utara, telah menyerahkan dana intensif bagi Ketua RT/RW di kota itu, guna meningkatkan kinerja RT/RW dalam melayani warganya.

        "Seluruh dana intensif akan disalurkan dan saat ini ada 220 RT/RW Kecamatan Ternate Tengah memperoleh insentif masing-masing sebesar Rp750 ribu, dari sebelumnya Rp375 ribu atau naik sebesar 100 persen," kata Burhan Abdurahman di Ternate, Selasa.

        Ia mengatakan insentif RT/RW di wilayah kecamatan Ternate Tengah yang diserahkan langsung kepada Ketua RT/RW itu, sekaligus acara silaturahmi yang akan diagendakan setiap triwulan.

        Dia menjelaskan jumlah intensif RT/RW yang diserahkan pada triwulan pertama ini naik sebesar 100 persen dari Rp375.000 pada 2014 menjadi Rp750.000 per RT/RW.

        Dengan kenaikan ini, dia berharap para RT/RT dapat lebih meningkatkan kinerjanya mengingat kerja-kerja RT/RW sangatlah berat, karena pekerjaan mereka yang paling berat adalah ketika ada perkelahian, ketika ada pekerjaan menyangkut dengan warganya, mereka juga harus tampil.

        Wali kota mengakui Kecamatan Ternate Tengah merupakan kecamatan keempat yang menerima intesif di triwulan pertama dan diharapkan dengan adanya penyerahan ini akan memberikan motivasi dan semangat dari pada RT/RW untuk bisa melaksanakan tugas.

        Selain itu, untuk menggenjot kemampuan RT/RW, Pemkot Ternate melalui Bagian Pemerintahan juga akan menyusun tugas-tugas RT/RW yang dipakai sebagai rujukan dalam bekerja, karena peran kelurahan yang semakin berkembang maka kelurahan dengan perangkat yang ada akan diberdayakan secara maksimal, sehingga bisa berfungsi sebagai unjung tombak terdepan dari pemerintahan.

        Pihaknya juga akan terus menggulirkan dana pembangunan kelurahan dari waktu ke waktu sehingga menjadi lebih luas lagi, agar dapat menyelesaikan program yang ada.

        Dia berharap kepada seluruh lurah se-Kecamatan Ternate Tengah agar dapat berkoordinasi dengan baik bersama RT/RW, sehingga kedepan nanti yang dibutuhkan adalah pemberdayaan antarlurah dan RT/RW.

Pewarta : Abdul Fatah
Editor :
Copyright © ANTARA 2024