Kendari (Antara News) - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari menyediakan sekitar 8.000 kuota dalam penerimaan mahasiswa baru Tahun Ajar 2015-2016.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) UHO, Muh Elwan, di Kendari, Jumat, mengatakan jumlah kuota tersebut meliputi tiga jalur penerimaan, yakni melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Lokal Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau jalur mandiri.

"Saat ini jalur penerimaan mahasiswa yang telah terbuka baru SNMPTN, sedangkan dua jalur penerimaan yang lain belum dibuka," ujarnya.

Ia menambahkan nantinya calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN bisa mendaftar melalui laman http://snmptn.ac.id secara on line.

Lanjutnya, setelah calon mahasiswa masuk di laman tersebut pihak sekolah akan mengisi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah (PDSS) dan kemudian diverifikasi sendiri oleh siswa bersangkutan.

Menurutnya, setelah masuk di laman http://snmptn.ac.id, kepala sekolah akan mengisi PDSS. Setelah mengisi PDSS kepala sekolah mendapatkan password setiap siswa.

Pasword tersebut nantinya, akan digunakan siswa untuk melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang telah diisi oleh pihak sekolah.

Dimana, setiap sekolah memiliki hak untuk mengikut sertakan siswanya yang akan menamatkan diri dijenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat.

"Selama sekolah yang bersangkutan telah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN),"ujarnya.

Ia menambahkan bahwa pihak sekolah dapat mengikutkan siswa melalui jalur SNMPTN dengan ketentuan siswa yang bersangkutan memiliki rekam jejak prestasi akademik di PDDS.

Jadwal pendaftaran SNMPTN di UHO dimulai sejak 13 Februari hingga 15 Maret 2015. Proses seleksi akan dimulai 16 Maret hingga 8 Mei 2015.

Nantinya, hasil seleksi SNMPTN akan diumumkan pada 9 Mei 2015. Terakhir pendaftaran ulang bagi calon maba yang lulus seleksi dimulai 9 Juni 2015.

Ia mengatakan bahwa seluruh biaya seleksi jalur SNMPTN sepenuhnya ditanggung oleh pemerintah dan calon mahasiswa tidak dikenai biaya apa pun.

Untuk informasi lebih lanjut calon mahasiswa baru dapat mengakses laman SNMPTN atau menghubungi langsung pihak perguruan tinggi negeri yang terdekat dari wilayah domisilinya.

Pewarta : Oleh Laode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024