Manado (Antara News) - Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Sinyo H Sarundajang berharap persahabatan yang telah terjalin antara Indonesia dengan India selama ini, semakin erat lagi di waktu-waktu mendatang.

        "Pemerintah dan masyarakat Sulut menyambut gembira festival budaya tradisional India yang digelar di daerah ini. Momentum ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan persaudaraan kedua bangsa," kata Sarundajang saat membuka pagelaran seni budaya tarian Bhangra di Manado, Sabtu.

        Dalam festival budaya bertemakan "Sahabat India" yang digelar di auditorium Mapalus Kantor Gubernur itu, Gubernur mengajak Konjen India di Bali Amarjeet Singh Takhi tidak ragu menikmati keindahan daerah ini seperti pelayanan pasar swalayan, keramahan pemerintahan serta panorama indah taman laut Bunaken.

        "Sesungguhnya India dan Indonesia mempunyai kesamaan budaya dan suatu saat nanti kerja sama yang luar biasa pasti akan terjadi antara Sulut dan India. Terima kasih karena sudah bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat  Sulut," katanya.

        Konjen India Amarjeet Singh Takhi mengatakan pagelaran seni budaya tarian Bhangra yang didukung sepenuhnya Gubernur Sulut dan pejabat daerah ini,  sebagai momentum memperkenalkan budaya India, sekaligus menjalin persahabatan dan persaudaraan antarkedua bangsa dan negara.

        "Saat ini kami menyambut dengan kehangatan atas kehadiran warga Sulut termasuk warga India yang ada di daerah ini menyaksikan tarian Bhangra yang berasal dari Provinsi Punjab India," katanya.

        Di sisi lainnya, Konjen mengatakan India bersedia membantu para tenaga dosen, guru, pejabat, mahasiswa serta wartawan yang ingin melanjutkan studi  S2 dan S3 di perguruan tinggi yang ada di negaranya melalui program bea siswa gratis.    

        "Kami ingin membantu kelanjutkan studi ke India,  ada empat perguruan tinggi yang telah siap menampung," katanya.

        Hadir dalam acara ini, Kejati TM Syah Risal SH, Kepala BPKP Adil Hamonangan Pangihutan, Bupati Sitaro Toni Supit, Wakil Konjen Philipina Jan Sherwin P Wenceslao bersama Mandamme Maria Cecilia P Wenceslao, Wakil Konjen India Surinder Reddy, anggota Deprov Sulut Eva Sarundajang dan Marlina Moha Siahaan, Kadis Budpar Happy TR Korah serta para pejabat eselon II dan III Pemprov Sulut.

Pewarta : Oleh Karel A Polakitan
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024