Raha  (Antara News) - Penanganan sampah Bagian Kebersihan dan Pertanaman Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara(Sultra) dinilai tidak maksimal.

"Tumpukan sampah yang masih berserakan dimana-mana, mengindikasikan BLH Muna tidak maksimal menangani masalah sampah di Jalan Baypas Raha," kata Penggiat Lingkungan Hidup, Andri Ramli di Raha ibukota kabupaten Muna, Kamis.

Menurut dia masyarakat membuang sampah sembarangan karena pihak BLH sendiri tidak menyediakan tempat pembuangan sampah di sekitar pemukiman warga

Akibatnya kata dia, warga membuang sampah di sembarang tempat sehingga tumpukan sampah terlihat di mana-mana, termasuk di pinggir-pinggir jalan.

"Sampah-sampah yang menumpuk di pinggir jalan Baypas, membuat pemandangan di kawasan itu tampak kotor dan jorok," katanya

Ia mengatakan, BLH sebagai instansi pemerintah yang bertanggung jawab menangani masalah lingkungan hidup, harus melakukan upaya untuk melaksanakan manajemen pengelolaan sampah yang baik, efesien, dan cermat.

Dengan begitu kata dia, masalah sampah yang selama ini cukup mengganggu pemandangan dan menimbulkan bau busuk di sekitar Jalan Baypas Raha, bisa segera tertatasi.

Pewarta : Gusti Wilantara
Editor :
Copyright © ANTARA 2024