Raha   (Antara News)- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Muna  pada tahun 2015 menargetkan jumlah kunjungan wisatawan di kabupaten itu sebanyak 3.000 orang.

"Tahun lalu, jumlah kunjungan wisatawan di Muna mencapai 1.500 orang dan tahun ini ditargetkan sebanyak 3.000 orang, meningkat 100 persen dari tahun sebelumnya." ujar Kepala Disbudpar Muna, Nursida Taeda di Raha, Kamis.

Ia mengatakan bahwa pihaknya menetapkan target kenaikan kunjungan wisatawan hingga 100 persen dari tahun sebelumnya karena melihat peningkatan jumlah kunjungan wisata yang terus meningkat dari tahun ke tahun.

Ia mengaku pihaknya terus berupaya merancang kensep pengembangan wisata yang bisa menarik minat para wisatawan berkunjung ke sejumlah obyek wisata di Muna.

"Di antara konsep tersebut membuat kalender tetap pagelaran perkelahian kuda yang digelar pada setiap selesai merayakan Hari Raya Idul Fitri," katanya.

Selain itu, kata dia, juga membenahi sarana dan prasarana di sejumlah obyek wisata sehingga para wisatawan bisa merasa nyaman ketika berada di lokasi obyek wisata.

Menurut dia, Muna memiliki beragam potensi wisata, baik wisata alam,, di antaranya Pemandian Napabale dan Benteng Lamburaya maupun wisata budaya, seperti Khagati dan balap kuda serta beragam tarian tradisional.

Pewarta : Gusti
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024