Kendari (Antara News) - Pemerintah kota Kendari pada 2015 menargetkan untuk menambah pembentukan lima puskesmas ramah anak di ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara itu.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan keluarga Berencana Kota Kendari Siti Ganef di Kendari, Senin, mengatakan dengan penambahan lima puskesmas itu maka Kendari akan memiliki 10 puskesmas ramah anak.

"Tahun 2014 kita sudah menetapkan lima puskesmas ramah anak yaitu Puskesmas Poasia, Puskesmas Puuwatu, Puskesmas Benubenua, Puskesmas Lepolepo dan Puskemas Abeli," katanya.

Sedangkan lima puskesmas yang ditargetkan menjadi model puskesmas ramah anak di 2015 adalah Puskesmas Mata, Puskesmas Kemaraya, Puskesmas Labibia, Puskesmas Mekar dan Puskesmas Perumnas.

Puskesmas yang akan dijadikan sebagai fasilitas kesehatan ramah anak itu akan diberikan sejumlah fitur diantaranya tempat bermain dan ruang membaca atau perpustakaan kecil.

"Puskesmas ramah anak disediakan agar anak tidak takut saat berada di Puskuesmas saat melakukan pemeriksaan maupun perawatan," katanya.

Puskesmas disebut Ganef merupakan salah satu indikator Kota Kendari dalam meraih Kota Layak Anak (KLA) di tingkat nasional, sehingga diupayakan seluruh puskesmas yang ada dilengkapi dengan fasilitas yang memberikan kenyamanan pada anak.

Saat ini kota Kendari sudah memiliki 15 Puskesmas yang tersebar di 10 Kecamatan namun hingga tahun 2014 baru terdapat lima puskesmas yang masuk kategori puskesmas ramah anak.

Pewarta : Oleh: Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024