Kendari  (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), saat ini sudah memiliki lima Puskesmas yang sudah masuk kategori puskesmas ramah anak.

Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan keluarga Berencana Kota Kendari, Siti Ganef, di Kendari, Senin, mengatakan, lima puskesmas yang sudah masuk kategori ramah anak tersebut adalah Puskesmas Poasia, Lepo lepo, Abeli, Puuwatu dan Benubenua.

"Dari 15 puskesmas yang ada di Kendari, pada tahun 2014 kita sudah menetapkan lima puskesmas ramah anak yaitu, Puskesmas Poasia, Puwatu, Benubenua, Lepolepo, dan Puskemas Abeli," katanya.

Ia mengatakan, untuk meraih predikat Kota Layak Anak kategori Nindiya salah satu syaratnya harus ada Puskesmas ramah anak.

"Mengadapi tahapan tersebut berbagai upaya tengah disiapkan Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan keluarga Berencana Kota Kendari, agar kota Kendari bisa meraih predikat Nindiya, salah satunya membentuk puskesmas ramah anak," katanya.

Puskesmas ramah anak kata Ganef, disediakan agar anak tidak takut saat berada di Puskesmas saat melakukan pemeriksaan maupun perawatan.

Puskesmas merupakan salah satu indikator Kota Kendari dalam meraih Kota Layak Anak (KLA) di tingkat nasional, sehingga kami berupaya menjadikan seluruh puskesmas yang ada dilengkapi dengan fasilitas yang memberikan kenyamanan pada anak," katanya.


Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024