Kendari   (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Buton Selatan Sulawesi Tenggara tengah menyiapkan usulan pembentukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat kepada Kementerian Dalam Negeri melalui gubernur Sultra.

"Usulan pembentukan kelembagaan KPU sementara digodok di Sekretariat Pemerintah Kabupaten Buton Selatan," kata penjabat Bupati Buton Selatan, Laode Mustari di Kendari, Minggu.

Diharapkan ujarnya setelah Kementerian Dalam Negeri menerima usulan tersebut segera mengirimkan surat peretujuan sehingga KPU Sultra bisa secepatnya menyeleksi anggota komisionernya.

"Kalau kelembagaan dan keanggotaan KPU sudah ada, maka lembaga penyelenggara pemilu itu bisa segera melakukan persiapan tahapan pemilihan kepala daerah," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU Sultra, Hidayatulah meminta pemerintah kabupaten tiga DOB di Sultra agar segera mengusulkan pembentukan KPU di kabupaten masing-masing, sehingga KPU bisa segera menyiapkan anggota komisionernya.

Menurut dia tiga DOB di Sultra,--Buton Tengah, Buton Selatan dan Muna Barat,-- sudah harus ikut pemilihan kepala daerah serentak tahun 2015.

Bila pemerintah ketiga DOB tersebut tidak siap ikut Pilkada serentak 2015 kata dia, maka Kementerian Dalam Negeri sudah menyiapkan sanksi bagi semua DOB yang masa jabatan penjabat bupatinya berakhir 2015.

"Sanksi terberat yang akan diberikan berupa penggabungan kembali DOB kepada kabupaten induk," katanya.

Menurut dia, selain tiga DOB tersebut di Sultra ada lima kabupaten lain yang akan ikut Pilkada serentak 2015, yakni Buton Utara, Muna, Konawe Selatan, Kolaka Timur dan Konawe Kepulauan.

Pewarta : Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024