Baubau   (Antara News) - Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terpilih melalui konfrensi III PWI Perwakilan Baubau di Baubau, dikukuhkan.

Para pengurus yang dikukuhkan Ketua PWI Cabang Sultra, Sudirman Duhari pada Kamis malam terdiri dari Ketua (Hainis), Skretaris (Ilor Syamsuddin), Penasehat (LM Safaat) dan beberapa pengurus harian.

Saat memberi sambutan pada pengukuhan Pengurus PWI Perwakilan Baubau periode 2015 -2018 itu, Ketua PWI Cabang Sultra, Sudirman Duhari meminta seluruh anggota PWI Perwakilan Baubau untuk bersatu mendukung program kerja ketua PWI terpilih dalam menjalankan organisasi selama tiga tahun ke depan.

"Organisasi ini hanya bisa menjadi organisasi yang dicintai masyarakat, bila pengurus dan para anggotanya bersatu membesarkan organisasi dan memberi kontribusi bagi pembangunan daerah dan masyarakat," katanya.

Kepada Ketua PWI Perwakilan Baubau terpilih, Sudirman meminta agar membenahi keanggotaan organisasi dan terus mendorong peningkatan kualiatas wartawan yang menjadi anggotanya melalui berbagai pelatihan jurnalistik.

"Sejak satu tahun terakhir, PWI Pusat telah melakukan uji kompetensi terhadap wartawan yang anggota PWI. Sebelum mengikuti uji kompetensi tersebut, wartawan anggota PWI perlu diberikan pelatihan," katanya.

Mereka yang lolos uji kompetensi kata dia, diberikan sertifikasi oleh Dewan Pers dan dinyatakan sebagai wartawan yang kompoten menjalankan tugas profesi wartawan.

Menurut dia wartawan yang disertifikasi terdiri dari tiga tingkatan, yakni tingkat Muda, Madya dan Utama.

"Wartawan tingkat Muda masih pada level repoter, Madya sudah level redaktur dan Utama level pimpinan redaksi," katanya.


Pewarta : Agus
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024