Kendari  (Antara News) - Pemerintah kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah pelaksanaan pekan olahraga provinsi (Porprov) ke-XIII tahun 2018.

Pernyataan itu disampaikan Sekertaris daerah (Sekda) Bombana, H Burhanuddin HS Noy di Kendari, Rabu usai mendampingi Bupati Bombana, H Tafdil saat menghadiri undangan KONI Provinsi Sultra terkait rapat penjaring daerah kabupaten/kota sebagai calon tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi XIII.

Ia mengatakan, harapan serta keinginan besar pemerintah dan masyarakat Bombana untuk menjadi tuan rumah pekan olahraga yang diselenggarakan sekali dalam empat tahunan itu, ditandai dengan dimulainya pembangunan sarana gelanggan olahraga (SOR) di daerah itu.

"Pemkab Bombana saat ini sudah menyediakan lahan seluas 8 hektare dari rencana 12 hektare untuk pembangunan SOR yang dipusatkan di wilayah ibukota Bombana yang terpusat di Kecamatan Rumbia," katanya.

Menurut sekda, dalam rangka mendukung kegiatan ivent olahraga bergengsi tingkat provinsi, Bupati dan DPRD Bombana juga sudah mengajukan dukungan dana melalui Kementerian Pemuda dan Olaharag yang nilainya berkisar Rp24 miliar yang realisasinya diharapkan pertengahan 2015 atau paling lambat 2016 mendatang.

Sebelumnya, KONI Provinsi Sultra melakukan rapat dengan mengundang sejumlah kepala daerah kabupaten/kota di Sultra terkait kesiapan menjadi tuan rumah Porprov ke-XIII.

Sekretaris Umum KONI Sultra Eryckson Ludji mengatakan sedikitnya ada tujuh daerah kabupaten/kota sudah mengajukan surat kesiapan sebagai tuan rumah Porprov XIII ke KONI Sultra.

Ketujuh daerah tersebut adalah Kabupaten Bombana, Konawe, Buton, Kolaka, Kolaka Utara, Wakatobi dan Kota Bau Bau.

"Keputusan penetapan tuan rumah Porprov XIII tahun 2018 akan dilakukan pada Musyawarah Provinsi KONI Sultra yang akan digelar April 2015," kata Eryckson.

Ia mengatakan, penjaringan calon tuan rumah Porprov digelar di sekretariat KONI Sultra yang turut dihadiri utusan tujuh daerah yang berminat menjadi penyelenggara olahraga multi event tersebut.

Dalam pertemuan itu sedikitnya tiga kabupaten yang ngotot dan bersaing ketat untuk merebut sebagai tuan rumah Porprov yakni Bombana, Konawe dan Kolaka.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024