Kendari   (Antara News) - Polda Sulawesi Tenggara kembali melantik 221 Bintara Polri lulusan pendidikan Brigadir Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa Sultra angkatan tahun 2014.

Pelantikan dipimpin Kapolda Sultra, Brigjen Pol.Drs.Arkian Lubis,SH dilapangan upacara SPN Anggotoa, Wawaotobi Kabupaten Konawe, Senin, dengan dihadiri pejabat utama Polda Sultra diantaranya Wakapolda Sultra Kombes Rizali, Karo Pers Kombes I Bagus Putra A, Kepala  SPN Anggotoa AKBP Adhy Fandhy Ariyanto, Wakil Bupati Konawe Parindringi. Kabid Humas Polda AKBP Sunarko, para Kapolresta dan Kapolres dijajaran Polda Sultra, para undangan serta orang tua siswa Bintara.

Dari sebanyak 221 lulusan Diktuk Brigadir Polisi lulusan 2014 yang dilantik menjadi Bintara ini, masing-masing berasal dari daerah pengirim 10 polres di Sultra.

Kapolda Brigjen Arkian Lubis mengharapkan kepada lulusan bintara muda di tahun ini, benar-benar menjadi polisi yang dapat melindungi, dicintai dan mengayomi masyarakat.

"Kepada para Bintara yang baru dilantik hari ini, saya harapkan dapat menjadi polisi yang melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat. Jadilah polisi yang dicintai masyarakat," ujar Kapolda Sultra.

Sebelumnya, Kepala Sekola Polisi Negara (SPN) Anggotoa, AKBP Adhy Fandhy Ariyanto dalam laporannya mengatakan, pendidikan Bintara Polri tahun anggaran 2014 berlangsung selama tujuh bulan lamanya.

Dimana pada awal pendidikan dimulai pada tanggal 3 Juni 2014 dan berlanjut secara terus menerus selama tujuh bulan, 1.400 jam pelajaran yang terdiri dari pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenagkan (Pakem).

Pelajaran/Kegiatan serta proses Pengasuhan dengan menanamkan dan membudayakan 12 Nilai-Nilai Karakter Ke-Bhayangkara-an "BRATA DEDIKASI SEJATI" sebagai nilai-nilai luhur tentang etika, moral, dan budi pekerti sebagai bangsa Indonesia dan khususnya sebagai anggota Polri.

Ia mengatakan, dari 221 Bintara Polri di SPN Anggotpa yang dinyatakan lulus mengikuti seluruh rangkaian pendidikan tersebut masing-masing dari daerah pengirim Polres Muna sebanyak 56 siswa, Polres Kendari 53 siswa, Polres Kolaka 27 siswa, Polres Buton 23 siswa, Polres Baubau 21 siswa, Polres Konawe Selatan iswa, Polres Konawe 16 siswa, Polres Kolaka Utara 6 siswa, Polres Bombana 3 siswa dan Polres Wakatobi 3 siswa.

Adapun siswa yang dinyatakan berprestasi masingt-masing Wayan Artayasa asal pengiriman Polres Konawe Selatan,  predikat aspek akademik atau intelektual (siswa cendekia) La ode Muhammad Indra Febria asal Polres Muna.
 
Kemudian siswa predikat terbaik aspek kesemaptaan jasmani  (siswa trengginas) diraih Naslan juga asal pengirim Polres Muna dan sebagi terbaik umum atau rangking satu dari 221 siswa adalah Hadman Ndikade juga asal pengiriman Polres Muna.
 
Diakhir laporan, Kepala SPN Anggota mengharapkan kepada Pemerintah Provinsi Sultra dalam hal gubernur Sultra, memohon kiranya mulai tahun anggaran 2015 SPN Anggotoa dibantu Program pembangunan Lapangan Olah raga beserta Tribun untuk dapat digunakan bersama dengan masyarakat sekitar SPN Anggotoa maupun masyarakat Konawe pada umumnya;

Kepada Bupati Konawe beserta anggota DPRD setempat memohon kiranya jalan menuju SPN Anggotoa dan dalam Lingkungan SPN Anggotoa dapat diaspal.

Rangkaian pelantikan Bintara muda yang baru dilantik tersebut menampilkan kebolehannya dalam hal pengendalian massa dan beladiri Karateka didepan pejabat utama Polda Sultra , para Kapolresta dan Kapolres dijajaran Polda Sultra, para undangan serta keluarga yang telah siap menjemputnya.

Usai menyaksikan kebolehan siswa bintara baru, Kapolda Sultra bersama rombongan dilanjutkan dengan pengresmian Masjid At-Taqwa SPN Anggota yang dapat menampung jemaah sekitar 300-350 orang.

Pewarta : Azis Senong
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024