Kendari   (Antara News) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara pada tahun 2015 akan menggangeng Institut Teknologi Surabaya (ITS) dalam rangkan pengembangan program "Cerdas Sultraku".

Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan Sultra, Damsid, di Kendari, Jumat, mengatakan pihaknya akan membiayai mahasiswa untuk kuliah di ITS Surabaya bagi mereka yang lolos tahapan seleksi.

"Sebelumnya program serupa kami bekerja sama dengan Universitas Sultan Agung (Unisula) Semarang, sudah ada alumninya dan sebagian dari alumni Unisula dari Sultra, disekolahkan ke Korea oleh pihak Unisula," katanya.

Ia mengatakan, untuk tahap awal kerja sama tersebut akan fokus pada tiga program yakni beasiswa S1, beasiswa pascasarjana bagi pegawai negeri dan beasiswa guru teknik.

"Nah untuk beasiswa S1 kita akan menyeleksi siswa SMA dan SMK sederajat yang memiliki rangking satu sampai tiga, yang diutus untuk seleksi. Jika diterima, kita akan biayai," katanya.

Sedangkan untuk program S2 diperuntukan bagi pegawai dinas jurusan keteknikan di Sultra, terutama berada di Dinas PU SUltra, Dinas ESDM dan Dinas Kelautan dan Perikanan.

"Hal itu kami lakukan karena Sultra masih sangat membutuhkan tenaga tekni yang handal. Sedangkan untuk beasiswa bagi guru SMK dengan beasiswa peningkatan kompetansi keteknikan selama satu tahun studi," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Sarjono
Copyright © ANTARA 2024