Kendari  (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari, SUlawesi Tenggara (Sultra), menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) dalam mengembangkan program "Kendari Smart Card" di daerah itu.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kendari, H Alamsyah Lotunani, di Kendari, Jumat, mengatakan Kendari Smart Card adalah bagian upaya mendukung Kendari sebagai Smart City.

"Yang memiliki fasilitas untuk ini adalah BRI, sehingga kami menggandeng bank nasional ini karena telah terbukti meluncurkan program yang sama di Kota Makassar," kata Alamsyah.

Menurut Alamsyah, kartu itu nantinya mengusung fungsi sebagai alat pembayaran atau debit card yang terintegrasi dengan sistem kependudukan pemerintah di Kota Kendari.

"Kendari Smart Card diciptakan untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan masyarakat Kendari yang merupakan nasabah BRI. Smart Card berfungsi sebagai alat pembayaran, dan sebagai akses data ke sistem pemerintah," katanya.

Alamsyah mengatakan, tidak lama lagi pihak BRI akan mencetak Smart Card tersebut dan akan digunakan oleh PNS lingkup Kendari dengan berbagai keperluan transaksi pembayarann ataupun akses data kependudukan.

"Dengan melalui Smart Card ini diharapkan baik jajaran anggota Pemerintah kota Kendari maupun seluruh penduduk kota Kendari nantinya dapat membawa manfaat positif. Smart Card ini dapat di akses melaui dua perangkat, yaitu melalui Personal Computer(PC) dan Handphone yang berbasis Android," katanya.


Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024