Kendari   (Antara News) - Ribuan siswa SD, SMP dan SMA di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), ikut memeriahkan jalan sehat atau jalan santai dalam rangka memperingati hari guru nasional tingkat Kota Kendari, Minggu.

Jalan santai yang diikuti pula oleh guru sekota Kendari tersebut, dilepas oleh Wakil Wali Kota Kendari, Musadar Mapasomba, dengan rute star Alun-alun Kota Kendari dan finish ditempat itu pula.

"Saya sangat apresiasi dengan kegiatan ini yang diikuti ribuan peserta. Kita laksanakan gerak jalan sehat dan santai kali ini dengan harapan ingin hidup sehat," kata Musadar didampingi Kadis Dikbud Kendari, Makmur.

Menurut Musadar, kegiatan yang mempertemukan siswa dan guru sekota Kendari tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan silaturahmi di kalangan para tenaga pendidik atau guru, juga sebagai ajang untuk bertukar pikiran dan pengalaman.

"Sektor pendidikan merupakan salah satu prioritas utama program pembangunan Kota Kendari, karena melalui pendidikan akan melahirkan sumber daya manusia berkualitas, yang kelak mengisi pembangunan," katanya.

Dalam proses pendidikan kata Musadar, guru merupakan faktor utama dalam tugasnya sebagai pendidik.

"Peran guru dalam membangun dan mencerdaskan bangsa, sejatinya tak akan pernah tergantikan sampai kapan pun," ujarnya.

Ia menambahkan, menjadi guru adalah menjalankan peran yang sangat mulia, karena di tangan seorang guru akan lahir generasi-generasi penerus bangsa.

"Di tangan guru pula akan muncul tokoh-tokoh atau kaum intelektual yang akan menjadi agen perubahan," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024