Kendari  (Antara News) - Cabang olah raga (cabor) Gateball akan menjadi salah satu Cabor eksebisi pada pekan olahraga provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara XII di Kabupaten Buton Utara (Butur) 6 Desember 2014.

Ketua Pengprov Gateball Sultra Laode, Muhammad Sahidin, Selasa mengatakan, meski baru terdaftar di organisasi KONI, namun Gateball akan menjadi cabor eksebisi yang akan dipertandingkan pada pekan olahraga provinsi di Buton Utara.

Menurut Kadis PU Sultra itu, di Porprov XII mendatang, cabor Gateball tersebut baru diikuti lima kabupaten/Kota yakni Kabupaten Muna, Konawe, Kolaka, Kota Kendari serta Kabupaten Buton, sementara atlit yang akan melakukan pertandingan eksebisi, seluruhnya masih berasal dari dinas pekerjaan Umum Pemprov Sultra namun akan membela kabupaten/kota masing-masing.

"Jadi, Gateball itu merupakan cabang olahraga yang baru terdaftar di KONI pusat maupun daerah dan akan diperlombakan juga di Porprov Butur mendatang namun keikutsertaan cabor gateball ini hanya masih sebatas cabor eksebisi saja," Kata Laode Sahidin.

Lebih lanjut Sahidin mengatakan, keikutsertaan cabor Gateball sebagai cabor eksebisi di Porprov mendatang, juga merupakan ajang sosialisasi untuk memperkenalkan olahraga Gateball sebagai olahraga baru.

"Saat ini, kepengurusan Gateball pusat dipimpin oleh Menteri Pekerjaan umum, sehingga diharapkan seluruh kabupaten/kota dapat membentuk kepengurusan cabor Gateball tersebut," ujaranya.

Porprov XII yang sedianya berlangsung 22 November 2014 itu diundur hingga tanggal 6 Desember 2014 dengan alasan kehadiran gubernur Sultra Nur Alam dan Menpora yang merencakan akan hadir dan membuka ivent olahraga tingkat provinsi itu cukup padat sehingga diundur.

Namun beberapa cabor seperti sepak bola sudah dipertandingkan pihak panitia yang dipusatkan di stadion sepak bola Lakidende Kota Kendari, ibukota Provinsi.

Pewarta : Antara
Editor :
Copyright © ANTARA 2024