Kolaka   (Antara News) - Tarif kapal cepat yang melayani rute pelabuhan Kolaka (Sultra) menuju pelabuhan Siwa (Sulsel) mengalami kenaikan hingga 13 persen dari harga sebelumnya.

Kepala Syabandar Kolaka, Abdullah mengatakan bahwa kenaikan tarif kapal cepat didasari naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) sehingga berdampak pada pelayanan.

"Kenaikan tarif itu mulai dari tiket anak-anak dari harga lama Rp100.000 menjadi Rp115.000,dan untuk tiket kelas VIP orang dewasa dari harga Rp230.000 ke harga Rp260.000." Katanya.

Selain itu kata dia untuk tiket eksekutif dari harga Rp200.000 naik menjadi Rp230.000,namun semuanya diserahkan kepada konsumen sebagai pengguna jasa angkutan itu.

"Tarif baru itu berlaku sejak beberapa hari yang lalu," ungkapnya.

Abdullah juga menjelaskan pihaknya saat ini baru menerima daftar perubahan tarif hanya rute Kolaka-Siwa sementara rute Kolaka Utara dengan tujuan yang sama belum memasukkan daftar tarif perubahan.

Hasil pantauan di pelabuhan kapal cepat meskipun harga tiket sudah mengalami kenaikan namun warga masyarakat masih menggunakan moda transportasi itu yang melayani jalur Kolaka-Siwa.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024