Kendari  (Antara News) - Rektor Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Prof Usman Rianse mengatakan, mahasiswa wajib diikutkan di dalam penelitian yang dilakukan oleh dosen.

"Penelitian yang dilakukan dosen, wajib untuk melibatkan mahasiswa, agar membiasakan mahasiswa dalam melakukan penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat," kata Rektor di Kendari, Minggu.

Ia menambahkan, dosen dan mahasiswa diharapkan mampu menjadi rekan dalam penelitian ilmiah untuk memacu kreativitas dalam menciptakan karya inovatif penelitian yang bermanfaat bagi diri dan lingkungannya.

Menurut dia, dengan melibatkan mahasiswa dalam setiap penelitian akan menambah khasanah pengetahuan bagi mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa Indonesia yang dituntut memiliki kecerdasan dan dapat mengaplikasikan ilmu yang dimilikinya.

"Sebagai sebuah institusi pendidikan, UHO akan terus melakukan langkah-langkah dalam pengembangan keilmuan dan pengabdian masyarakat, dengan melibatkan mahasiswa didalam penelitian yang dilakukan oleh dosen," ujarnya.

Untuk menjawab tuntutan globalisasi terhadap dunia pendidikan, lanjut Rektor, akan terus menciptakan mahasiswa untuk berperan aktif dalam berkontribusi untuk memajukan sumber daya manusia.

Menurut dia, mahasiswa harus dibiasakan untuk melakukan kegiatan riset, yang bertujuan menciptakan mahasiswa yang peduli dan mampu menjawab kebutuhan masyarakt. Sehingga mereka (mahasiswa) memiliki pengalaman dan menambahan ilmu pengetahuan.

Selain itu, lanjut Prof Usman Rianse, dengan melibatkan mahasiswa dalam penelitian dapat menginspirasi mereka untuk menyelesaikan studi di perguruan tinggi tersebut dengan mengajukan penelitian yang dapat dijadikan acuan ilmiah.

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024