Sawerigadi (Antara News) - Masyarakat Kabupaten Muna Barat akan menggelar pesta rakyat sebagai ungkapan rasa syukur atas terbentuknya wilayah itu menjadi kabupaten otonom baru, pisah dari kabupaten induk, Muna.

"Kita baru saja selesai membentuk panitia penyeleggara pesta rakyat yang akan melibatkan ribuan warga Muna Barat itu," kata Ketua Panitia Penyelenggara Pesta Rakyat Latif Boy di Sawerigadi, Rabu.

Menurut dia, peserta rakyat yang akan dipusatkan di Sawerigadi pada awal November 2014, akan dihadiri oleh Gubernur Sultra, Nur Alam, Wakil Gubernur, HM Saleh Lasata, Bupati Muna, LM Baharuddin dan sejumlah pejabat teras provinsi Sultra dan Pemerintah Kabupaten Muna.

Selain itu kata dia, juga akan dihadiri tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh pemekaran Muna Barat.

"Pada penyelenggaraan pesta rakyat tersebut, akan digelar ritual doa bersama sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat atas terbentuknya wilayah Muna Barat menjadi kabupaten baru," katanya.

Usai penyelenggaraan ritual doa bersama katanya, masyarakat dari berbagai wilayah kecamatan akan menyuguhkan berbagai atraksi budaya tradisional seperti tari-tarian dan sebagainya.

Selain itu kata dia, perwakilan masyarakat dari setiap kecamatan dan desa juga akan menyuguhkan berbagai jenis makanan dan panganan tradisional khas daerah masing-masing.

"Pesta rakyat ini benar-benar akan ajang seluruh masyarakat Muna meluapkan kegembiraan menyabut terbentuknya kabupaten baru ini," katanya.

Diharapkan ujarnya, terbentuknya kabupaten baru ini akan membawa harapan baru bagi masyarakat Muna Barat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Pewarta : Oleh: Gusti Wilantara
Editor :
Copyright © ANTARA 2024