Jakarta (Antara News) - Anggota MPR RI, DPR RI dan DPD RI terpilih dalam pemilu 2014 dilantik secara resmi untuk menduduki jabatan periode 2014-2015 di Gedung Nusantara Paripurna MPR/DPR/DPD di Jakarta, Rabu siang.
        Anggota DPR, DPD dan MPR RI itu mengucapkan sumpah dan janji untuk mengemban jabatan tersebut dalam Rapat Paripurna Pertama DPR dan DPD yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali.
        Pada Rapat Paripurna Pertama DPR tersebut, anggota DPR RI tertua Popong Otje Djundjunan (76) menjadi pemimpin sementara didampingi anggota termuda DPR RI, Ade Rezki Pratama. Popong Otje Djundjunan, politisi perempuan dari Partai Golkar yang terpilih dari Dapil I Jawa Barat, lahir di Bandung 30 Desember 1938 (76 tahun).  Sedangkan Ade Rezki Pratama lahir di Bukittinggi, 8 November 1988 (26 tahun), merupakan politisi Partai Gerindra yang terpilih dari Dapil Sumatera Barat II.
        Sementara Rapat Paripurna Pertama DPD RI dengan pimpinan sementara anggota termuda Riri Damayanti didampingi H. Mudaffar Sjah. Riri lahir di Bengkulu 4 Februari 1990 (24 tahun) terpilih dari Dapil Provinsi Bengkulu. Sedangkan Mudaffar lahir di Ternate 13 April 1935 (79 tahun), terpilih dari Dapil Provinsi Maluku Utara.
        Sementara sidang paripurna pertama MPR (yang terdiri dari anggota DPR dan DPD) dipimpin oleh Anggota Temuda DPR Ade Rezki Pratama dan Anggota Tertua DPD H. Mudaffar Sjah.
        Tampak hadir sejumlah menteri yang mengundurkan diri dan memilih menjadi anggota DPR periode 2014-2019. Di antaranya EE Mangindaan, mantan menteri perhubungan dari Partai Demokrat serta Muhaimin Iskandar, mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi asal Partai Kebangkitan Bangsa.
        Dalam pengucapan janji dan sumaph tersebut dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Boediono, para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, Presiden Terpilih Joko Widodo, Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla, para pimpinan partai politik di antaranya tampak Pendiri Partai Nasdem Surya Paloh, para duta besar negara sahabat dan para undangan.

Pewarta : Oleh Muhammad Arief Iskandar
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024