Kolaka (Antara News) - Bupati Kolaka H. Ahmad Safei didampingi Wakil Bupati Kolaka, HM. Jayadin melepas pemberangkatan tahap pertama calon jamaah haji sebanyak 103 orang melalui Bandara Sangia Ni Bandera di Tanggetada.

Bupati Kolaka Ahmad Safei mengingatkan kepada seluruh calon jamaah haji asal daerahnya untuk senantiasa menjaga kesehatan selama mengikuti kegiatan ibadah rukun Islam ke lima itu.

"Yang paling penting menjaga tingkah laku karena selama berada di Tanah Suci akan membawa nama negara dan daerah," katanya.

Safei juga berharap agar calon jamaah haji Kolaka dapat melaksanakan ibadah tersebut dengan baik dan sempurna sehingga menjadi haji yang mabrur.

"Kami doakan semoga selalu sehat dan selamat hinga pulang bertemu keluarga kembali, dan menjadi haji yang mabrur," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kolaka, Bustamil menyampaikan, calon jamaah haji asal Kolaka dan Kolaka Timur yang telah melunasi tambahan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun 2014 berjumlah 412 orang.

Namun, tiga orang di antara calon jamaah haji tersebut batal menunaikan rukun Islam kelimat itu, sehingga jumlah calon jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini berkisar 409 jamaah," katanya.

Bustamil menjelaskan, calon jamaah haji Kolaka terbagi dua kloter di Embarkasi Makassar yakni kolter 22 dan 24. Khusus kloter 22 calon jamaah haji asal Kolaka akan bergabung bersama calon jamaah haji Sultra lain yakni Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Konawe Selatan dan Konawe Utara.

 Sedangkan dalam Kloter 24 akan bergabung bersama calon jamaah haji asal Kabupaten Bombana, Kolaka Utara dan kabupaten Kolaka.

Pemberangkatan calon jamaah haji Kolaka secara bertahap mulai hari Selasa hingga Kamis.  Pada hari Kamis akan dilakukan empat kali penerbangan dengan jumlah jamaah sekitar 270 orang ditambang petugas pendamping dan tenaga kesehatan.

Pewarta : Oleh: Darwis Sarkani
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024