Kendari  (Antara News) - Dinas Kesehatan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mengajak para siswa untuk menjadi duta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di daerah itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kendari Maryam Rufiah di Kendari, Senin, mengatakan untuk menjadi duta PHBS, siswa harus mengetahui kriteria menuju perilaku hidup bersih dan sehat.

"Minimal bisa menjadi duta PHBS di sekolah masing-masing, lebih bagus lagi kalau bisa menjadi duta PHBS di lingkungan keluarga atau di tengah-tengah masyarakat," kata Maryam.

Menurutnya, untuk menjadi duta PHBS sekolah, siswa harus menggetahui syarat bersih di lingkungan sekolah, mulai jajanan yang sehat, ada tempat khusus cuci tangan.

"Kegiatan olahraga yang teratur di sekolah, ada jamban, jadi pelopor berantas jentik nyamuk, pelopor gerakan tidak merokok dan membuang sampah pada tempatnya sesuai jenis sampah," katanya.

Ia mengatakan, jika gerakan PHBS digalakkan dari kalangan pelajar di sekolah, tentunya akan berdampak pada kehidupan sosial lebih luas karena siswa itu akan membawa pola itu di keluarga masing-masing.

"Hal itu bisa kita capai, terbukti Kendari pernah menjadi juara nasional PHBS. Sehingga kita harapkan prestasi itu betul-betul bisa tercermin dalam kehidupan masyarakat," katanya


Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024