Manado  (Antara News) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Sinyo Harry Sarundajang akan mendapat penghargaan "Ambassadors for Peace" dari Universal Peace Federation (UPF) berkedudukan di New York, Amerika Serikat.

         "Rencana penerimaaan penghargaan di bidang perdamaian itu disampaikan Ketua UPF Edgar Tanate kepada Sarundajang  saat meninjau  lokasi pameran pembangunan Kaiwatu Manado (10/9)," kata Kabag Humas Setda Provinsi Sulut  Jemmy Kumendong di Manado, Kamis.

         Menurut Edgar Tanate, penghargaan tersebut akan diserahkan langsung oleh pendiri UPF DR Sun Myung Moon pada hari Senin (15/9) 2014 di Kantor Gubernur Sulut, dikutip Humas Kumendong.

         Edgar Tanate mengatakan Sarundajang merupakan orang pertama menerima penghargaan tersebut di Indonesia.

         "Dr Sinyo Harry Sarundajang sebagai figur pemimpin yang menjunjung tinggi pluralisme, tak hanya mendapat pengakuan dari elemen masyarakat di tanah air, tapi juga datang dari luar negeri, kali ini dari UPF," kata Edgar.

         Edgar Tanate mengatakan, alasan diberikannya penghargaan tersebut karena Sarundajang sewaktu dipercayakan oleh pemerintah pusat sebagai penjabat  Gubernur di dua daerah konflik, Maluku dan Maluku Utara, mampu mendamaikan konflik horisontal masyarakat dua provinsi bersaudara itu.

         Selain itu kami menilai Gubernur Sulut dua periode ini, telah menjadi tokoh perdamaian yang lebih mengutamakan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi, kata Edgar, dikutip Humas Kumendong.

         Sementara itu, Sekretaris BKKBN Sulut  Jacky Sambuaga yang ikut mendampingi Edgar Tanate, mengatakan, pemberian penghargaan Ambassador For peace kepada Guberur Sulut dalam rangka ikut memeriahkan perayaan Tahun Emas Daerah Bumi Nyiur Melambai ini.

         Selain itu BKKBN Provinsi Sulut bekerja sama dengan panitia HUT Provinsi Sulut ke-50, juga akan menggelar parade angkutan kota (angkot) dengan melibatkan 502 angkot, menandakan 50 simbol Tahun Emas dan Dua simbol Dua Anak cukup disertai pemutaran lagu "Mars KB" di setiap angkot untuk mendapatkan rekor MURI

Pewarta : Jootje Kumajas
Editor :
Copyright © ANTARA 2024