Kolaka  (Antara News) - Sebanyak 409 calon jamaah haji Kabupaten Kolaka dan Kolaka Timur siap diberangkatkan ke tanah suci setelah selesai melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH).

Kepala seksi penyelenggaraan haji dan umroh kantor kemenag Kabupaten Kolaka Syamsul Rijal,kamis mengatakan pelunasan BPIH calon jamaah haji yang dibuka empat tahapan sejak bulan Juni hingga Agustus sekitar empat ratusan calhaj yang sudah siap diberangkatkan.

"Inipun juga kita masih membuka peluang kepada calon jamaah haji lainnya untuk melunasi BPIH hingga tanggal 22 Agustus 2014," katanya.

Menurutnya dalam pemberangkatan calon jamaah haji nantinya dibagi dengan dua kelompok terbang (kloter) yang mana pada pemberangkatan pertama dijadwalkan pada tanggal 23 September 2014.

"Pemberangkatan pertama dilakukan dengan dua kali penerbangan dari bandara Sangia Ni Bandera Kabupaten Kolaka karena pemberangkatan haji Kolaka dibagi dalam dua kelompok terbang yakni kloter 22 dan kloter 24," ungkapnya.

Sementara pemberangkatan kedua kata dia pada tanggal 25 september 2014 dengan empat kali penerbangan menuju embarkasi Makassar dan langsung masuk ke asrama haji Sudiang,Makassar (Sulsel).

Namun sebelumnya kata Syamsul penyelenggara haji akan melaksanakan manasik haji tingkat Kabupaten sebelum semua calon jamaah haji diberangkatkan menuju embarkasi Makassar.

"Rencananya pekan depan kita akan melaksanakan manasik haji untuk tingkat Kabupaten dan selanjutnya kegiatan serupa dilaksanakan ditingkat kecamatan masing-masing," jelasnya.

Untuk diketahui jumlah calon jamaah haji Kabupaten Kolaka pada tahun ini sekitar 194 jamaah sementara calon jamaah haji untuk Kabupaten Kolaka Timur sekitar 216 jamaah.

"Karena Kolaka Timur belum ada penyelengggara haji maka semua penyelenggaraan ibadah haji dilaksanakan oleh Kabupaten Kolaka," ujar Syamsul Rijal.***3***Budi Suyanto

(T.KR-DWS/B/B008/B008) 21-08-2014 13:36:31

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024