Ternate (Antara News) - Wali Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mengajak kepada warganya untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan sebagai refleksi HUT kemerdekaan ke-69 yang berlangsung hari ini.

         "Saya mengajak kepada semua pihak untuk tetap menjaga persatuan dan keutuhan bangsa ini dengan tidak terprovokasi dan mudah mengikuti bujuk rayu pihak tertentu untuk merusak integritas bangsa," katanya di Ternate, Minggu.

         Oleh karena itu, untuk mengantisipasi masuknya jaringan Islamic State of Irak and Syria (Isis) di Kota Ternate, Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Ternate untuk selalu menjaga kebersamaan, agar lebih permudah pihak terkait dalam mendeteksi keberadaan ISIS di Kota Ternate.

         "Yang terpenting adalah masyarakat harus menjaga kekompakan dan kebersamaan, sehingga NKRI ini tidak mudah terganggu dari pengaruh luar dan tetap utuh hingga di masa-masa yang akan datang," ujarnya.

         Ia mengatakan, jika kebersamaan masyarakat tidak lagi erat, maka dapat mempengaruhi pertahanan NKRI, untuk itu dirinya mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjadikan kebersamaan sebagai sebuah kekuatan.

         Menurut dia, agar keamanan dan ketenteraman masyarakat bisa terjamin dan terjaga dengan baik dan itu merupakan salah satu syarat dalam mendorong pembangunan di Kota Ternate di masa-masa yang akan datang, karena ketika pertahanan NKRI terganggu maka proses pelaksanaan pembangunan juga akan terganggu.

         Selain itu, Wali Kota juga berharap kepada aparat-aparat kelurahan di Kota Ternate untuk senantiasa mengontrol masyarakatnya masing-masing, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan, sehingga dihari kemerdekaan ini kita bisa menyongsong dan melaksanakan proses pembangunan dengan lancar, katanya.

         Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, sebelumnya menjadi Inspektur Upacara pada detik-detik perayaan HUT Proklamasi RI ke-69 yang dipusatkan di Lapangan Ngara Lamo Ternate.

         Detik-detik proklamasi yang dimulai pukul 10.00 Wit tersebut berjalan baik, dimulai dari detik-detik pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Ternate, Iqbal Ruray serta pengibaran sangsaka merah putih, bahkan terlihat antusiasme sejumlah pasukan upacara yang begitu bersemangat dalam prosesi tersebut.

Pewarta : Oleh Abdul Fatah
Editor :
Copyright © ANTARA 2024