Wangiwangi (Antara News) - Sebanyak 12 kapal peserta `yacht rally` (konvoi kapal layar mewah) dalam rangka memeriahkan Sail Raja Ampat 2014, singgah lego jangkar di Wakatobi.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Pemerintah Kabupaten Wakatobi, La Ode Ifi di Wangiwangi, Kamis mengatakan para penumpang kapal mewah tersebut singgah di Wakatobi selama beberapa hari.

"Selama beberapa hari berada di Wakatobi, para penumpang kapal mewah tersebut akan mengunjungi sejumlah obyek wisata di Wakatobi, terutama Benteng Liya Togo," katanya.

Selain itu kata dia, para wisatawan mancangera itu juga akan menyelam di beberapa lokasi penyelaman di Wakatobi, terutama di Pulau Hoga di Kaledupa dan Pantai Sombu di Wangiwangi.

"Pulau Hoga dan Pantai Sombu, merupakan lokasi penyelaman terbaik di Wakatobi. Di dua lokasi tersebut terdapat terumbu karang yang cukup indah dan menakjubkan," katanya.

Menurut dia, para penumpang kapal yacth juga akan disuguhi dengan berbagai tradisi budaya Wakatobi terutama tari-tarian yang biasa dimainkan para penari ketika menyambut tamu-tamu kehormatan daerah.

"Tarian tradisonal Wakatobi yang biasa disuguhkan kepada tamu-tamu kehormatan daerah adalah Tari Sajomoane dan Tari Balumpa," katanya.

Ia menagatkan, setelah menikmati keindahan berbagai obyek wisata dan budaya masyarakat Wakatobi, konvoi kapal-kapal mewah dari berbagai negara itu akan melanjutkan perjalanan ke Raja Ampat mengikuti puncak perayaan Sail Indonesia di Raja Ampat.

"Puncak perayaan Sail Indonesia di Raja Ampat, bertepatan dengan prayaan Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2014," katanya.

Pewarta : Oleh: Agus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024