Kendari  (Antara News) - Calon presiden dan calon wakil presiden terpilih pasangan Joko Widodo - Mohammad Jusuf Kalla (Jokowi-JK) diharapkan memberi perhatian khusus pada pembangunan di kawasan Timur Indonesia yang masih tertinggal dibandingkan dengan kawasan Barat Indonesia.

Harapan tersebut disampaikan Ketua Tim sukses pemenangan Jokowi - JK di wilayah Sulawesi Tenggara, Hugua di Kendari, Rabu.

"Selama ini, perhatian pemerintah hanya terkosentrasi di kawasan Barat Indonesia. Diharapkan, pemerintahan baru di bawah kendali Jokowi dan JK, perhatian pemerintah sudah bisa dibagi dengan kawasan Timur Indonesia," katanya.

Menurut dia, suara rakyat yang ada di kawasan Timur Indonesia memberi kontribusi cukup signifikan bagi kemenangan pasangan Jokowi - JK dalam pemilihan presiden 9 Juli 2014.

Oleh karena itu kata dia, sangatlah wajar kalau rakyat di kawasan ini, meminta perhatian dari pemerintahan baru, terutama menyangkut perbaikan sejumlah infrastruktur dasar yang menjadi kebutuhan utama masyarakat di KTI.

"Kalau sejumlah infrastruktur seperti jalan dan jembatan di KTI terbangun dengan baik, kawasan ini bisa memberi kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

Di Sultra, pasangan Jokowi - JK meraih suara terbanyak, yakni 622.217 suara atau 54,90 persen, sedangkan pasangan Prabowo Subianto - Hatta Rajasa, hanya mengumpulkan 511.134 suara atau 45,10 persen.

Menurut dia, hal terpenting yang harus dilakukan timses dan relawan pascapenetapan pemenang Pilpres oleh KPU adalah bagaimana berpartipasi membantu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden terpilih agar visi misi membangun bangsa dan masyarakat yang disampaikan saat kampanye maupun debat kandidat dapat direalisasikan di tengah masyarakat.

Sebab visi misi dan seluruh janji kampanye yang disampaikan pasangan capres dan cawapres saat kampanye Pilpres kata dia, sudah terekam dengan baik di benak masyarakat Indonesia.

"Pascapenetapan pemenang Pilpres dan setelah pelantikan presiden dan wakil presiden baru nanti, rakyat akan menunggu realisasi dari janji-janji yang telah disampaikan saat kampanye lalu," katanya.

Pewarta : Agus
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024