Kendari  (Antara News) - Hasil rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan suara Pilpres 2014 yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menetapkan pasangan menetapkan pasangan Prabowo-Hatta meraih 78.144 suara ungggul dari pasangan Jokowi-JK yang hanya meraih 56.025 suara.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Konawe (16/7), pada formulir model DB1 KPU Kabupaten Konawe, Pasangan nomor urut satu itu unggul dihampir seluruh kecamatan di daerah itu, sedangkan pasangan Jokowi-JK hanya unggul di enam kecamatan.

Prabowo-Hatta menang di kecamatan Sampara, Bondoala, Kapoiala, Lalungga Sumeeto, Soropia, Latoma, Wawonii Timur, Wawonii Selatan, Wawonii Timur Laut, Wawonii Tenggara, Wonggeduku, Besulutu, Pondidaha, Konawe, Wawotobi, Anggaberi, Unaaha, Rauta, Tongauna, Asinua, Onembute, Puriala, Lambuya dan kecamatan Uepai.

Sedangkan pasangan Jokowi-JK menang di enam Kecamatan yakni Wawonii Tengah, Meluhu, Amonggedo, Abuki, Asinua dan kecamatan Wawonii Barat.

Sementara itu, rapat pleno KPU Konawe dipimpin langsung oleh ketua komisioner KPU Konawe Hermansyah Pagala dan dihadiri anggota Komisionernya serta sejumlah tokoh masyarakat dan kedua saksi pasangan Capres/Cawapres.

Rapat pleno yang dimulai sekitar pukul 10.00 tersebut dilakukan dengan pembacaan hasil keputusan pleno rekapitulasi perolehan suara di masing-masing PPK. Seluruh Ketua PPK hadir dan membaca secara bergatian. Tidak ada keberatan yang berarti dari saksi pasangan Capres. Rapat berlangsung lancar dan aman dan tertib dengan penjagaan puluhan personel keamanan.

Pewarta : Laode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024