Pasarwajo  (Antara News) - Tim sukses pasangan calon presiden dan calon wakil Joko Widodo-Mohammad Juruf Kalla (Jokowi - JK) mengklaim pasangan tersebut unggul sementara di Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ketua Timses Jokowi-JK di Sultra, Hugua, melalui pesan singkat dari Wakatobi, Kamis, mengatakan hasil "real count" yang dilakukan tim pemenangan Jokowi-JK, pasangan tersebut meraih 60,03 persen.

Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang menjadi rivalnya mendapat 39,97 persen suara.

"Kemenangan pasangan Jokowi-JK hampir merata di semua kabupaten dan kota di Sultra," katanya.

Ia optimistis pemilihan presiden dan wakil presiden di Sultra dimenangkan oleh pasangan Jokowi-JK, karena data yang dikumpulkan tim pemenangan tersebut diambil di seluruh TPS di Sultra.

Menurut dia, di Kabupaten Buton, Jokowi-JK memperoleh suara 69,31 persen, sedangkan pasangan Prabowo-Hatta hanya mendapat 30,69 persen.

Di Kota Baubau, pasangan Jokowi - JK mendapat 61,58 persen dan pasangan Prabowo - Hatta hanya mendapat 38,42 persen.

Sedangkan di Kabupaten Kolaka, pasangan Jokowi - JK mendapat 55,70 persen suara dan Prabowo - Hatta meraih 44,30 persen suara.

Di Kabupaten Wakatobi, pasangan Jokowi - JK meraup 64,27 persen suara dan Prabowo - Hatta hanya kebagian 35,73 persen suara.

Sedangkan di Kolaka Utara, pasangan Jokowi - JK mendapat 81,43 persen suara dan pasangan Prabowo - Hatta hanya 18,57 persen suara.

Di Buton Utara, pasangan Jokowi - JK mendapat 58,62 persen suara dan Prabowo - Hatta hanya memperoleh 41,38 persen suara.

Sementara di Kabupaten Konawe pasangan Prabowo-Hatta unggul dari pasangan Jokowi - JK. Prabowo - Hatta memperoleh suara 59,42 persen sedangkan Jokowi - JK 40,58 persen suara.

"Masih ada beberapa kabupaten yang datanya belum masuk, namun di beberapa TPS yang sudah terpantau, pasangan Jokowi - JK juga unggul," katanya.

Meski demikian, ujarnya, hasil penghitungan suara sah, tetap menunggu hasil resmi dari KPU sebagai penyelenggara pemilu.

Pewarta : Agus
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024