Kendari  (Antara News) - Pemerintah Kota (pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggagas pembangunan pabrik pakan ternak untuk mendukung usaha peternakan unggas di daerah itu.

Wali Kota Kendari Asrun di Kendari, Senin mengatakan kendala para peternak di daerah itu selama ini adalah pakan ternak yang mahal karena didatangkan dari luar daerah.

"Karena harga pakan yang mahal, sehingga para peternak tidak bisa bertahan mengembangkan usaha dan berakibat kebutuhan telur dan daging ayam masih disuplai dari luar Kendari," kata Asrun.

Menurutnya, pembangunan pabrik pakan ternak di Kota Kendari didukung dengan bahan baku pakan yakni sisa-sisa ikan dari perusahaan perikanan yang ada di Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Kendari.

"Pabrik pakan ternak ini tidak harus dalam skala besar, tetapi bisa dalam bentuk `home industri` sehingga bisa membuka lapangan kerja baru bagi warga di daerah ini,` katanya.

Wali kota mengaku, telah memerintahkan kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Kendari untuk menyusun program pembinaan peternak di daerah itu termasuk upaya pembuatan pabrik pakan ternak dalam skala home industri.

"Kalau pabrik pakan sudah ada, maka kita bisa mengarahkan para peternak untuk mengembangkan usaha ternak baik itu ternak ayam potong maupun ayam petelur," katanya.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024