Kendari,  (Antara News) - Pemerintah Kota Kendari mengusulkan kenaikan honor para petugas atau tenaga kebersihan di daerah itu.

Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Kendari, Tin Farida, di Kendari, Senin, mengatakan, pemerintah terus berupaya unntuk meningkatkan kesejahteraan para tenaga kebersihan agar kerja mereka bisa lebih maksimal.

"Caranya kami akan usulkan kenaikan honor pada perubahan anggaran APBD 2014 atau APBD induk 2015," kata Tin Farida.

Menurut dia, keberadaan tenaga kebersihan merupakan pahlawan adipura bagi Kota Kendari yang telah berhasil meraih 6 kali adipura, lima kali adipura biasa dan satu kali adipura kencana.

"Puncaknya tahun ini kita berhasil meraih tropi adipura kencana yakni penghargaan kota terbersih dan terinovatif dalam pengelolaan lingkungan," kata Tin Farida.

Bahkan lanjuit Tin, kota Kendari merupakan satu-satunya kota di Indonesia timur yang meraih penghargaan itu dari 15 kota peraih adipura kencana se Indonesia.

Saat ini, kata Tin Fatida, honor tenaga kebersihan ada yang Rp900 ribu untuk penyapu jalan dan pemotong rumput, dan Rp1 juta untuk pembersih drainase dan pengangkut sampah, diusulkan bisa naik 10 persen.

Usulan kenaikan honor itu, kata Tin, akan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah karena masih banyak kebutuhan pembangunan daerah sedangkan anggaran terbatas.

Pewarta : Suparman
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024