Kendari   (Antara News) - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Putut Sad Harutomo mengatakan, forum komunikasi keuangan (FKK) dibentuk untuk memantapkan tata kelola keuangan negara yang baik dan bersih antara pemerintah pusat dan daerah.

"Forum ini dibentuk untuk menciptakan sarana komunikasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat khususnya dalam bidang, pengelolaan keuangan negara maupun daerah," katanya di Kendari, Sabtu.

Ia menambahkan selain untuk pengolalaan keuangan Forum itu juga ditujukan untuk menciptakan kondisi tatakelola keuangan pemerintah yang lebih baik.

Tujuan forum komunikasi keuangan itu untuk terbentuknya informasi keuangan terpadu antara anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) dan anggaran pendapatan daerah (APBD) di sultra.

"Tentunya forum ini juga dapat menciptakan tersedianya informasi keuangan pemerintah yang komprehensif sebagai dasar pembuatan kebijakan strategis," ujar Kepala Kanwil Perbendaharaan Sultra itu.

Menurutnya ruang lingkup forum komunikasi keuangan itu meliputi pertukaran informasi mengenai pengelolaan keuangan dan penyelenggaraan rapat kerja dalam bentuk sosialisasi, disseminasi seminar dn workshop.

"Melalui forum ini juga kami bertujuan untuk membantu masing-masing pemerintah daerah kabupaten/kota yang ada di sultra guna kelancaran implementasi teknis dari forum komunikasi keuangan ini," ujar Putut Sad Herutomo.

Pembentukan forum komunikasi keuangan itu dihadiri oleh instansi pemerintah daerah yang berasal dari sekretariat daerah, badan perencanaan pembangunan daerah dan badan pengelola keuangan dan aset daerah se Sultra, serta instansi fertikal kementrian keuangan

Pewarta : Oleh Azis Senong
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024