Gorontalo  (Antara News) - Meski obyek wisatanya belum banyak dikenal masyarakat umum, namun Provinsi Gorontalo saat ini telah menjadi destinasi baru bagi para fotografer bawah laut.

         Perairan yang jernih, terumbu karang yang sehat dan beragam serta biota laut lain yang sulit ditemukan di tempat lain, seperti hiu paus, lumba-lumba, ikan pari manta menjadi daya tarik wisatawan manca negara dan dalam negeri.

         "Tahun ini kami menerima lebih banyak lagi tamu wisatawan asing seperti Amerika, Thailand, Singapura dibanding tahun kemarin. Semua adalah fotografer," kata Pengelola Aqua Dive Centre di Kota Gorontalo, Yunan, Sabtu.

         Selain itu, fotografer dalam negeri juga banyak berkunjung ke Gorontalo untuk menemukan obyek foto macro yang terdapat di sejumlah spot.

         Para jurnalis dari berbagai televisi nasional seperti Trans 7, Global TV, dan Kompas Tv juga datang untuk meliput wisata bawah laut Gorontalo yang memiliki banyak spot menarik.

         Menurutnya, semula Gorontalo hanya menjadi tempat transit bagi para penyelam yang ingin berkunjung ke Pulau Togean, Sulawesi Tengah.

         "Namun setelah melihat keindahan bawah laut di daerah ini, sebagian dari mereka tidak melanjutkan perjalanan ke Togean dan tinggal lebih lama di Gorontalo untuk menyelam," jelasnya.

         Beberapa obyek wisata bawah laut yang ditawarkan oleh para pengelola jasa selam adalah Taman Laut Olele di Kabupaten Bone Bolango, yang terdiri dari 34 spot.

         Lokasi lainnya yakni Biluhu di Kabupaten Gorontalo dengan enam spot, kapal kargo Jepang yang karam di Kota Gorontalo hingga lokasi khusus foto makro di spot


Pewarta : Debby Hariyanti Mano
Editor :
Copyright © ANTARA 2024