Kendari, (Antara News) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar bintek pembinaan pengelolaan administrasi perbendaharaan lingkup Kemenag Sultra tahun 2014.

Kegiatan yang mengangkat tema "mewujudkan pngelolaan administrasi perbendaharaan kementerian agama provinsi yang profesional transparan dan akuntabel dalam rangka mempertahankan WTP dan percepatan penyerapan anggaran 2014" tersebut dibuka langsung oleh Kepala Kanwil kemenag Sultra, Rakhman, di Kendari, Senin (12/5) malam.

"Kegiatan ini merupakan bagian integral pengelolaan anggaran APBN lingkup kemenag Sultra. Dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memberikan pengetahuan kepada bendahara agar memiliki wawasan lebih luas dalam pengelolaan administrasi pelaporan keuangan," kata Rakhman dalam sambutannya.

Menurutnya, Kemenag saat ini terpokus agar opini WTP tahun ini bisa murni tanpa ada hal-hal yang perlu diperbaiki lagi, acara tersebut juga terkait dengan misi Kemenag dalam pengelolaan anggaraan berdasarkan aplikasi terbaru karena ada perubahan setiap tahun.

"Sejak adanya pelatihan seperti ini, hampir dipastikan seluruh satuan kerja lingkup kemenag Sultra sudah laksanakan aplikasi penyelenggaraan anggaran secara profesional sehingga pada tahun lalu Sultra dalam pengelolaan elektraonik monitoring pelaksanaan anggaran (E-MPA) berada diposisi ke enam se- Indonesia," katanya.

Ketua panitia, Muh Affandi, mengatakan kegiatan itu bertujuan memberikan arahan atau pemahaman kepada pengelola anggaran khususnya bendahara pada satker mengenai hal-hal berkaitan proses pencairan keuangan serta pengadministrasian laporan keuangan dan mengoptimalkan pelaksanaan kegiatan dalam rangka penyerapan anggara tahun 2014.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari mulai 12-14 Mei tersebut katanya, bermaksud sebagai forum diskusi untuk meningkatkan pemahaman bagi pegelola APBN pada satker Lingkip Kemenag Sultra.

Disebutkan, kegiatan itu diikuti sebanyak 100 orang dari unsur Kanwil Kemenag Sultra delapan orang, Kemenag kabupaten kota 12 orang dan dan Madrasah Negeri sebanyak 80 orang.

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024