Kendari, (Antara News) - Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Koalisi pemerhati demokrasi Indonesia Sulawesi Tenggara (Kopekrasii-Sultra) melakukan aksi damai di depan gerbang utama Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari berharap kepada Anggota dewan yang nantinya terpilih untuk menepati janji politiknya pada saat Kampanye.
Ketua Kopkrasii-sultra Rizal Iskandar dalam orasinya di Kendari, Kamis mengatakan bahwa harapan masyarakat untuk bisa hidup lebih baik berada pada anggota dewan yang akan ditetapkan pada plano KPU Provinsi yang dilakukan hari ini.
"Pemilu sebagai wujud kekuasaan rakyat tidak hanya dilakukan untuk memilih wakil rakyat yang akan duduk di DPRD Provinsi dan DPR Kabupaten Kota, tetapi juga untuk memilih anggota legislatif yang akan duduk di DPR-RI, yang memikul tanggung jawab atas harapan masyarakat yang diwakilinya,"ujar Rizal.
Anggota legislatiif yang nantinya akan ditetapkan KPU, semuanya diharapkan mampu membawa perubahan pada daerah kearah yang lebih baik, hal ini sangat beralasan karena sejatinya keberadaan anggota legislatif tidak hanya menjadi penyuara kepentingan masyarakat, tetapi juga wujud dari perpanjangan tangan masyarakat untuk menentukan arah kebijakan daerah.
Ia menambahkan kita tentu menginginkan anggota legislatif nantinya adalah orang-orang yang tidak hanya memiliki integritas, tetapi juga punya kapasitas, kapabalitas dan kompetensi yang sesuai dengan tuntutan tugas mereka sebagai anggota legislatif.
Para anggota legislatif tidak hanya menjalankan fungsi legislasi dan penganggaran, tetapi juga menjalankan fungsi pengawasan yang tujuannya untuk mengawal jalannya pemerintahan daerah ini.
"Ditangan Anggota legislatif itu terletak masa depan dan warna kehidupan kita untuk lima tahun ke depan, hal ini bermakna,"Ujar Rizal.
Ketika anggota Legislatif yang menjadi pilihan Rakyat menyia-nyiakan harapan rakyat yang bergantung pada mereka sebagai wakil rakyat maka sesungguhnya mereka itu telah menghianati bangsa indonesia sebab negara ini memiliki sistem kedaulatan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat, Tambah Rizal yang juga merupakan ketua Kopekrasii-Sultra.

Pewarta : La Ode Abdul Rahman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024