Mamuju,  (Antara News) - Kominitas  Bike to Work Indonesia (B2W Indonesia) kembali mempersiapkan diri untuk mengikuti touring perjalanan bersepeda dari kota Mamuju, Sulawesi Barat menuju kota Makassar, Sulawesi Selatan dari 21 hingga 30 April 2014.

             Ketua Umum B2W Indonesia, Toto Sugito di Mamuju, Sabtu, menyampaikan, kegiatan touring ini awalnya dilaksanakan sejak tahun 2011 lalu, sebagai bentuk komitmen dan kontribusi serius guna menggalakkan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan sepeda.

          "Kendaraan sepeda sebagai transportasi alternatif ramah lingkungan. Kegiatan toring kali ini bertajuk Srikandi Inspirasi Bagi Negeri. Terdapat 21 peserta perempuan ikut terpilih dari berbagai provinsi dalam ajang touring terpanjang dengan jarak tempuh sekitar 843 kilometer," katanya.

          Berbeda pada penyelenggaraan sebelumnya, kata dia, karena kegiatan ini lebih memberdayakan wanita dalam komposisi peserta maupun kepanitiaan, mulai dari Road Captain yakni menggandeng mantan atlet sepeda wanita nasional dan pelatih atlet sepeda nasional, Nurhayati.

            "Yang pastinya, tahun ini kita lebih banyak memberikan kesempatan kepada wanita untuk berperan aktif dalam kegiatan rutin Srikandi Inspirasi Bagi Negeri 2014," ucapnya.

           Pelibatan wanita dalam ajang ini kata dia, juga sejalan dengan salah satu misi yang diusung untuk memberikan wadah para wanita pesepada Indonesia.

           Meskipun keterlibatan wanita dalam ajang ini belum banyak kata dia, namun kedepan akan semakin meningkat di masa-masa yang akan datang.

           "Kita akan bekerja untuk terus menerus mengangkat harkat dan derajat wanita Indonesia. Kampanye ini telah sejalan untuk membentuk karakter wanita Indonesia yang mandiri, tangguh dan berprestasi," ungkapnya.

         Toto Sugito menambahkan, sebanyak 21 srikandi yang lolos seleksi dan terpilih dianggap telah siap mental untuk menikmati touring bersepada yang akan menempuh jarak terpanjang dalam sejarah ini.

          "21 wanita yang terpilih merupakan wanita biasa yang berprofesi mulai selaku ibu rumah tangga, karyawati, mahasiswi yang berasal dari berbagai daerah," ungkap Toto.

           Perjalan selama sembilan hari ini akan melewati dua provinsi yang akan menempuh delapan etape yaitu etape pertama dari Mamuju-Majene (142 km), etape Majene-Pinrang (116 km), etape Pinrang-Anggeraja (65 km), etape Anggareja-Rantepao/Toraja (110 km), Rantepao ke Belopa (112 km), etape Belopa-Kota Pare-Pare (165 km), etape Pare-Pare ke Pangkajene (103 km) dan etape terakhir dari Pangkajene menuju Makassar (50 km

    


Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024