Rumbia,  (Antara News) - Petani rumput laut di Pulau Sagori, Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara membutuhkan bantuan pemerintah setempat.
 
    Kepala Kampung Sagori, La Riyfu, di Bombana, Sabtu mengatakan, bantuan yang dibutuhkan berupa tali dan pengadaan bibit serta prasarana penunjang lainnya bagi peningkatan produktivitas petani rumput laut.

     "Petani Rumput laut disini, tidak pernah sekalipun menerima bantuan baik dari Pemerintah Bombana maupun provinsi," katanya.

     Menurut La Riyfu, belakangan ini produksi rumput laut di Sagori sangat menurun, sebab petani beralih ke aktivitas lain seperti menjadi nelayan ikan tangkap.

     "Dua atau tiga tahun sebelumnya, produksi rumput laut disini mencapai lebih dari tiga ton per sekali panen," tambahnya.

     Akan tetapi lanjut dia, produksi itu menurun karena sudah tidak ada lagi pembudidaya rumput laut akibat tidak pernah adanya perhatian dari pemerintah setempat untuk pengembangan budidaya rumput laut tersebut.

     "Kalau petani itu diperhatikan, maka taraf kesejahteraan bagi 73 Kepala Keluarga (KK) di Sagori akan meningkat," katanya.

     Oleh karena itu, La Riyfu, berharap agar pemerintah dapat mewujudkan kesejahteraan warganya, khususnya melalui program pemberian bantuan bagi petani rumput laut.

Pewarta : Jumrad
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024