Kupang (Antara News) - Wakil Wali Kota Kupang Hermanus Man mengatakan pemerintahannya akan terus mendorong pemanfaatan teknologi informasi di semua kelurahan agar dijadikan sebagai wahana untuk promosi dan membuka diri kepada publik.

        "Dengan penyajian profil kelurahan melalui teknologi informasi yang lebih terbuka dan cepat, akan sangat memberikan dampak baik bagi kemajuan daerah," katanya di Kupang, Kamis.

        Dia mengatakan, pentingnya promosi daerah mulai dari pemerintahan terkecil di tingkat kelurahan, merupakan salah satu langkah untuk memperkenalkan daerah kepada publik, termasuk kepada para investor untuk mengetahui lebih riil soal potensi yang dimiliki kelurahan masing-masing.

        "Dengan adanya profil kelurahan, saya optimistis akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para investor untuk menanamkan modalnya. Jika itu terwujud maka akan terbentuklah zona-zona pertumbuhan ekonomi baru di kelurahan," ujarnya.

        Dalam hubungan dengan, ia mengingatkan semua kepala kelurahan untuk menyajikan profil lengkap kelurahannya masing-masing sebagai wahan promosi kepada para investor.

        Hermanus mengaku, bimbingan teknis dan sejumlah pelatihan terus diberikan kepada seluruh staf di tingkat kelurahan, untuk bisa lebih mampu menyajikan profil kelurahan secara lebih lengkap dan terbuka.

        "Apalagi jika menggunakan teknoloigi. Maka butuh sebuah pembelajaran yang benar dan terus menerus," kata Hermanus.

        Kepala Badan Pembangunan Masyarakat (BPM) Kota Kupang Felisberto Amaral menambahkan pihaknya sudah melakukan bimbingan teknis untuk aparatur di tingkat kelurahan secara berkala, untuk kepentingan pemenuhan fungsi penyampaian profil kelurahan ke publik.

        Dia mengatakan, bimbingan yang diberikan berkaitan dengan pengisian buku profil kelurahan, berupa data yang diolah menjadi informas dan akhirnya harus disampaikan kepada publik, melalui teknomlogi informasi (IT).

        Dikatakannya, buku profil yang telah diisi dalam bentuk aplikasi, selanjutnya diinput melalui data dan informasi, untuk semua kondisi kelurahan, seperti antara lain, soal kependudukan, potensi kelurahan, dan lainnya.

        "Buku profilnya, terkoneksi dengan internet, sehingga bisa diakses semua pihak," kata Felisberto.

Pewarta : Oleh Yohanes Adrianus
Editor :
Copyright © ANTARA 2024