Jayapura (Antara News) - Panglima Kodam (Pangdam) XVII/Cenderawasih Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Christian Zebua melakukan kunjungan kerja ke wilayah Korem 171/PVT di Kota Sorong, Papua Barat, untuk memantau dan mengecek kesiapan pelaksanaan Sail Raja Ampat 2014.

         "Selain untuk mengecek pelaksanaan Sail Raja Ampat, saya juga ingin melihat kegiatan prajurit secara langsung di lapangan serta menjalin ikatan silaturahmi di antara prajurit," ujarnya dalam siaran pers yang dikirim kepada Antara di Jayapura, Kamis.

         Menurutnya, Sail Raja Ampat 2014 merupakan acara internasional kerja sama antara Kemneterian Kelautan dan Perikanan dan TNI yang bertempat di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

         "Kegiatan Sail Raja Ampat ini merupakan event yang memadukan beberapa kegiatan bahari yang akan dibuka oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan Juni 2014," ujarnya.

         Christian menjelaskan event internasional ini sangat penting nilainya bagi Indonesia dan khususnya bagi Papua Barat, karena untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Papua Barat dalam hal ini Kabupaten Raja Ampat mewakili Indonesia sebagai daerah yang aman dan nyaman untuk dikunjungi turis asing.

         "Oleh karenanya pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang Sail Raja Ampat 2014," katanya.

         Ia menuturkan meski tampak masih lama, namun dengan kesiapan sejak dini bersama elemen masyarakat, menjadi jaminan lancar terselenggaranya acara ini.

         "Jaminan keamanan merupakan salah satu faktor dalam penyelenggaraan event internasional Sail Raja Ampat ini," katanya.

         Ia menambahkan nantinya keberhasilan acara ini, menjadi barometer keamanan di Papua Barat, sehingga memerlukan kerja sama yang baik dari semua unsur elemen masyarakat.

Pewarta : Oleh Hendrina Dian Kandipi
Editor : Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024