Rumbia, (Antara News) - Sebanyak 800-an penari kolosol dari berbagai sekolah di Kabupaten Bombana, dilibatkan dalam konfigurasi/atraksi kesenian memeriahkan pembukaan musbaqah tilawatil qur`an (MTQ) XXV 2014 tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara, di Rumbia, Rabu.

Ketua LPTQ Kabupaten Bombana, Hj Masyura Illa Ladami di Bombana, Rabu, mengatakan, persiapan penari kolosal dari sekolah SLTA dan SLTP di Kabaupaten Bombana sudah siap untuk tampil pada puncak pembukaan MTQ pada malam 12 Maret 2014, yang rencananya akan dihadiri pejabat eselon I Kementerian Agama RI dan dibuka Gubernur Sultra, Nur Alam.

"Keterlibatan 800 pelajar dari berbagai sekolah itu dalam penampilan di acara puncak pembukaan MTQ sudah siap semua, setelah melalui latihan selama kurang lebih 2-3 bulan terakhir dengan berbagai bentuk konfigurasi bernuansa Islami," katanya.

Jelang pembukaan MTQ XXV tahun 2014 tingkat Provinsi yang dipusatkan di ibukota Kecamatan Rumbia, Bombana akan berlangsung selama 10 hari (12-21 Maret 2014), sarana maupun prasarana telah disiapkan.

Pantauan di Arena MTQ, Panitia penyelenggara telah mendirikan tenda/stand masing-masing kabupaten kota yang akan diisi berbagai hasil kerajinan masing-masing daerah untuk dipamerkan guna menyemarakkan pelaksanaan MTQ.

Selain itu, disekitar arena juga ada pameran pembangunan dan bazar yang telah diresmikan (11/3) oleh Bupati Bombana H Tafdil, yang nantinya akan menjadi hiburan warga masyarakat Bombana, termasuk para kafilah yang akan berlomba pada ajang relijius sekali dalam dua tahun.

Pada hari yang sama, para Kafilah dari 14 kabupaten kota se-Sultra yang datang dari seluruh daerah termasuk tuan rumah Kabupaten Bombana menggelar pawai ta`aruf, dengan menggunakan kendaraan hias, start dari aula kantor bupati dan finish di lokasi pameran atau sekitar arena MTQ, dan pada malamnya dilangsungkan malam ta`ruf dan pelantikan dewan hakim.

Adapun cabang lomba yang akan ditampilkan pada MTQ XXV ini, sebanyak 10 mata lomba untuk cabang utama serta satu cabang eksebisi yakni kasidah rabana, dengan lokasi lomba yang berbeda-beda.

Pewarta : Oleh: Azis Senong
Editor : Abdul Azis Senong
Copyright © ANTARA 2024