Kolaka, (Antara News) - KPU Kabupaten Kolaka mulai lakukan pelipatan kertas suara pilcaleg dengan melibatkan 100 orang masyarakat sebagai tenaga kerja dikantor itu.

Sekreratris KPU Kolaka Idham Hindardi yang dittemui,selasa diruangannya mengatakan saat ini pelipatan kertas suara yang dilakukan setiap satu jenis kertas suara ditargetkan selesai empat hari.

"Kalau kita memberikan target satu jenis surat suara itu selama empat hari,namun kalau kita lihat dilapangan karena banyaknya tenaga kerja sehingga bisa diselesaikan dalam waktu tiga hari," katanya saat melakukan pengawasan pelipatan kertas suara DPD RI

Begitu juga dengan kertas suara lainnya kata dia,seperti DPR RI,DPRD Provinsi serta DPRD Kabupaten dengan target yang salam dan jika ditotal waktu yang dibutuhkan secara keseluruhan berkisar 16 hari kerja.

"Mengenai biaya yang dikeluarkan oleh KPU untuk pelipatan suara kami hargai persatu lembarnya Rp.200 rupiah," ungkapnya.

Idham juga menjelaskan saat ini pelipatan kertas suara untuk DPD RI ditemukan kerusakan sebanyak 18 lembar dan segera dipisahkan untuk dibuatkan berita acara tersendiri.

"Saat ini kami baru menemukan 18 lembar surat suara yang rusak dan kemungkinan bisa bertambah karena sementara dalam proses pelipatan," jelasnya.

Selain itu lanjut Idham distribusi surat suara nantinya akan dilakukan oleh pihak KPU tiga hari sebelum hari pencoblosan dengan mengutamakan daerah yang jauh dan sulit dijangkau.

"Distribusinya nanti kita mengutamakan daerah yang jauh dulu dan sulit dijangkau seperti Uluiwoi,Lambandia Kabupaten Kolaka Timur," kata Idham.

Sebelumnya KPU Kolaka menerima kertas suara pemilihan calon anggota legislatif sebanyak 1.008.007 dengan anggaran biaya pelipatan berkisar Rp.201.601.400.

Pewarta : Darwis Sarkani
Editor :
Copyright © ANTARA 2024